Robocar Siap Ikut Balap Formula E 2017

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 29 Aug 2016 18:42 WIB
teknologi otomotif
Robocar Siap Ikut Balap Formula E 2017
Roborace prototipe DavBot. Autoguide

Metrotvnews.com: Kemajuan teknologi mobil self driving tidak hanya mobil penumpang. Ajang balap mulai dilirik untuk membuktikan ketangguhan teknologinya. Ini penting, mengingat ajang balap bisa dikatakan cukup terukur jika melakukan perbandingan dengan berkendara di jalan raya. Mulai dari jumlah mobil yang berkompetisi, kemudian jalur yang dilalui, pergantian ban hingga strategi balapan.

Sejak pengembangannya diumumkan akhir tahun lalu, Roborace self driving kemungkinan siap digunakan dalam ajang balap Formula E 2017. Roborace prototipe yang disebut 'DavBot' merupakan pengembangan mobil listrik robotik pintar, memungkinkan tim balap mengembangkan software dan hardware yang akan digunakan di Robocar.

Namun tidak seperti Robocar, DevBot memiliki kabin yang dapat digerakkan oleh manusia atau komputer. Ini memungkinkan tim untuk mempelajari bagaimana kinerja mobil di trek balap.

Roborace mengatakan, rencananya Robocar yang dirancang oleh Daniel Simon ini akan diumumkan secara resmi akhir tahun ini. Sama seperti DevBot, juga akan dilengkapi fitur drivetrain, sensor, sistem komputasi dan komunikasi.

Sebelumnya, pengembangan mobil tanpa sopir ini, juga sudah merambah bisnis angkutan umum seperti taksi. Di Singapura, malah sudah diumumkan penggunaan taksi tanpa pengemudi yang dilakukan perusahaan nuTonomy. Perusahaan ini yang berbasis teknologi informasi ini, menjalankan sistem robotik pada Mitsubishi i-Miev yang diketahui berpenggerak motor listrik. Jika melihat trennya, mobil-mobil pintar ini takkan butuh waktu lama untuk menjadi moda transportasi yang mendominasi negara-negara maju dunia.


(UDA)