Mobil Baru

Freed Baru Belum Pasti Masuk Indonesia

Ekawan Raharja    •    Senin, 03 Oct 2016 10:39 WIB
honda mobil
Freed Baru Belum Pasti Masuk Indonesia
HPM belum memastikan akan memasukan Freed ke Indonesia atau tidak. Honda

Metrotvnews.com, Jakarta: Honda global baru saja meluncurkan All New Freed di Jepang beberapa waktu lalu. Namun mobil multi purpose vehicle (MPV) itu belum tentu masuk ke Indonesia, meski Toyota sudah memboyong pesaingnya.

Marketing & After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy, menjelaskan belum ada rencana untuk memasukan produksi Freed terbaru ke Indonesia. Hingga saat ini, produsen mobil asal negeri sakura tersebut masih fokus untuk menjual lini produk yang dimilikinya. "Belum ada rencana. Masuk atau tidaknya, liat nanti saja," tegasnya saat ditemui di Mall Taman Anggrek.

Disebutkan bahwa kendala memasukan Freed terbaru ke Indonesia adalah soal harga. Dengan banyaknya perubahan dan penambahan fitur terbaru membuat penantang Toyota Sienta ini akan memiliki harga jual yang tinggi.

"Kita tidak ingin menurunkan kualitas jika dibawa ke Indonesia. Nanti konsumen bisa kecewa," lanjutnya.

PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menghentikan produksi Freed sejak Juni 2016. Otomatis, stok Freed yang tersisa hanya berada di dealer saja.

Penjualannya dalam beberapa tahun belakangan terus menurun. Bahkan di Juni hingga Agustus 2016, mobil ini tidak terjual sama sekali menurut data wholesale GAIKINDO.

"Harganya Freed sudah di ambil BR-V dan HR-V. model-model sport utility vehicle (SUV) dalam tiga tahun belakangan terus naik."

Bahkan untuk pabrik Honda di Cikarang, line produksi Freed sudah dialihkan untuk meracik model BR-V dan HR-V. Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan HR-V dan BR-V hampir mencapai empat ribu unit per bulan.


(UDA)