Tips Knowledge

Aki juga Punya Masa Kedaluwarsa

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 01 Oct 2018 07:35 WIB
tips knowledge
Aki juga Punya Masa Kedaluwarsa
Pastikan aki yang dibeli tidak melewati tanggal kedaluwarsa. Slickskills

Jakarta: Membeli aki baru untuk mobil kesayangan Anda, sebaiknya jangan tergiur dengan harganya yang murah dan kondisi fisiknya yang terlihat baru atau fresh. Bisa jadi aki yang Anda beli sudah expired alias kedaluwarsa. Wajib periksa dan diperhatikan kode produksi yang tercantum di fisik aki.

Biasanya pabrikan sudah memprediksi jangka waktu atau umur aki yang diproduksinya. Sebab itu selalu tercantum kode produksi yang juga sebagai penanda tanggal kedaluwarsa. 

Tiap pabrikan memiliki kode produksi yang berbeda. Sebagai gambaran, apabila di aki tercantum angka 190216, itu artinya 19 menunjukan tanggal produksi, 02 menunjukan bulan Februari dan 16 menunjukan tahun produksi 2016.
 
Kata Toha, mekanik yang praktek di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur, selain mengecek tanggal kedaluwarsanya, sebaiknya beli aki di toko yang tempat penyimpanannya kering, rapih dan tidak kena sinar matahari langsung. Sebab panas dan kondisi penyimpanan yang sembarangan berpengaruh terhadap rusaknya sel-sel aki.

"Komponen yang berfungsi sebagai sebagai pemasok arus listrik di mobil ini, normalnya punya umur 1,5 sampai 2,5 tahun dan tergantung kondisi pemakaian. Dan terhitung sejak pertama kali cairan aki atau air zuur diisi menyentuh sel aki," bebernya.

Untuk itu disarankan, sebaiknya beli aki yang umur produksinya belum sampai setahun, terlebih jika belum sampai 6 bulan. Yang tidak kalah penting adalah, lakukan pengecekan berkala setelah aki digunakan, agar lebih awet dan tahan lama. Jangan sampai cairan aki kering, yang bisa menyebabkan bikin sel aki jadi mati.


(UDA)