Teknologi Otomotif

Jalanan Padat, Tantangan Terbesar Riset Mobil Otonom

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 06 Jul 2017 16:25 WIB
tata motors
Jalanan Padat, Tantangan Terbesar Riset Mobil Otonom
Jalanan India sangat menantang untuk mobil otonom. The Indian Express

Metrotvnews.com: Teknologi mobil otonom terus dikembangkan dan diperbaiki, agar kelak mobil-mobil ini bisa bergerak sendiri dan meminimalkan risiko kecelakaan. Selain dari sisi mobilnya, infrastruktur juga harus mendukung.

Tapi kondisi jalanan yang padat akan menjadi tantangan lain untuk pengembangan mobil otonom ini. Salah satu pabrikan mobil asal India, sedang mengembangkan mobil otonom untuk menjawab tantangan tersebut.

Di sana, selain padat, mobil-mobil otonom ini juga akan bersaing dengan kendaraan lain, becak, hewan-hewan, rambu terbatas dan regulasi lalu lintas. Kurang lebih hampir sama dengan kondisi jalan Indonesia.

Jaguar Land Rover, yang merupakan induk dari Tata Motors mengungkapkan mereka membangun jalanan rahasia sebagai jalur uji coba di dekat Bangalore, India, untuk membuat simulasi jalanan seperti yang ada di sana.

"Jalanan India menggambarkan tantangan yang sebenarnya," kata Roshy John, Tata Consultancy Services Ltd, yang merupakan kepada dari proyek untuk mengintegrasikan sistem otonom ini pada unit Tata mobil Nano.

Tata tak mengharapkan mobil otonom ini bisa digunakan di jalanan umum dalam 10 tahun ke depan. Mobil ini akan pantas dioperasikan dalam koridor modern, sebelum bersaing dengan kendaraan lain dan segala tantangannya di jalanan umum.


(UDA)