Industri Otomotif

Bisnis Syariah Merambah ke Jasa Penyewaan Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 14 Jun 2017 08:08 WIB
asuransi kendaraan
Bisnis Syariah Merambah ke Jasa Penyewaan Mobil
TRAC menyiapkan skema penyewaan jangka panjang tanpa bunga. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini bisnis berbasis syariah tidak hanya seputaran busana hijab dan keuangan saja. Kini bisnis syariah telah merambah ke jasa penyewaan mobill. Seperti yang dilakukan TRAC-Astra Rent a Car, jasa penyewaan mobil dari PT Serasi Autoraya (SERA), yang memperkenalkan program TRAC Syariah.

Direktur TRAC-AStra Rent a Car, Hadi Winarto menerangkan, bahwa program ini menghadirkan produk sewa mobil jangka panjang pertama di Indonesia yang menggunakan prinsip bisnis syariah.

"TRAC Syariah juga menjadi produk pertama di Indonesia yang secara legal menghadirkan layanan ijarah, yaitu aktivitas sewa menyewa sesuai dengan hukum Islam," kata Hadi kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Dijelaskan, TRAC Syariah memberikan layanan ijarah untuk perusahaan yang peduli terhadap produk atau layanan berbasis syariah. Akad ijarah TRAC Syariah bebas dari unsur riba, maysir dan gharar.

Namun layanan ini disiapkan TRAC untuk perusahaan bukan pribadi. TRAC menyiapkan skema penyewaan jangka panjang tanpa bunga, yang berbeda dengan penyewaan konvensional yang berbasis bunga. Disebutkan, semua kendaraan TRAC Syariah diperoleh secara halal melalui mekanisme murabahah. Mobil-mobil itu juga dilindungi asuransi berdasarkan prinsip syariah (ta'awun).

Melalui program TRAC Syariah, layanan penyewaan kendaraan diklaim lebih terbuka dan adil dalam pengelolaan kendaraan. Juga dapat dikembangkan menjadi produk mudharabah dengan konsep bagi hasil. Layanan sewa mobil TRAC Syariah bisa dinikmati di 34 cabang TRAC-Astra Rent a Car di 31 kota di Indonesia.

Di antaranya, Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Batam, Bangka Belitung, Cilegon, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Sangata, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Lombok, Kupang, Manado, Palu, Lepo, Kendari, Makassar, Ambon dan Sorong.


(UDA)