Mobil Konsep

BMW Bakal Kenalkan Z4 Concept, Agustus 2017

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 31 May 2017 11:07 WIB
bmw
BMW Bakal Kenalkan Z4 Concept, Agustus 2017
BMW Z4 Concept punya spesifikasi sport. Autoguide

Metrotvnews.com: Dalam waktu dekat, BMW berencana memperkenalkan untuk pertama kali BMW Z4 Concept, di festival otomotif Pebble Beach Concours D’elegance, California, Amerika Serikat (AS), pertengahan Agustus mendatang.

Seperti dilansir Autocar, BMW mengatakan mobil konsep ini adalah generasi ketiga model Z4, yang hadir dengan model atap terbuka atau convertible, rencananya mulai dipasarkan akhir 2018.

BMW Z4 adalah mobil berpengerak roda belakang/sport rear wheel drive (RWD) dan diproduksi oleh produsen mobil Jerman, yang disebut sebagai E85 dalam bentuk roadster, dan E86 dalam bentuk coupe. Produksi BMW Z4 dimulai pada 2002, yang menggantikan BMW Z3. 

Bedanya, Z4 yang dibuat di Spartanburg, South Carolina ini memiliki desain yang lebih besar dari BMW Z3, dan Z4 hanya ada sebagai roadster. Tetapi 2006, BMW akhirnya meluncurkan versi coupe.

Bagian yang menarik adalah, Z4 Concept dibangun berdasarkan platform yang semuanya baru, hasil dari kerja sama dengan Toyota. Meski memiliki bentuk bodi yang lebih besar dari pendahulunya, Z4 Concept memiliki bobot sedikit lebih ringan, salah satunya berkat penggunaan convertible hardtop yang terbuat dari bahan kain sederhana.

Hingga saat ini pembuat mobil asal Jerman itu belum memberikan bocoran, apa yang nantinya bakal dibenamkan di bawah kap mesinnya. Namun, kabar yang beredar menyebutkan, kemungkinan besar Z4 baru akan menawarkan dua pilihan powertrain. Yaitu mesin turbocharged inline enam silinder dari BMW, dan sistem hibrida yang dipasok oleh Toyota.

Spy photo yang beredar, juga memperlihatkan, Z4 Concept punya spesifikasi sport. Sehingga ada kemungkinan lain, jika nantinya Z4 S20i akan tersedia dengan mesin turbocharged 2.0 liter empat silinder, dengan kapasitas tenaga sekitar 200 daya kuda. Termasuk adanya pilhan transmisi manual enam percepatan.


(UDA)