Industri Otomotif

Honda Gelontorkan Rp1,7 Triluin Bangun Wind Tunnel

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 21 Apr 2017 13:32 WIB
honda mobil
Honda Gelontorkan Rp1,7 Triluin Bangun <i>Wind Tunnel</i>
Honda kembangkan fasilitas Aerodinamika di Ohion. Autoguide

Metrotvnews.com: Honda semakin serius mengembangkan mobil dengan desain yang lebih aerodinamis, karena menurut perusahaan Aerodinamika adalah salah satu ilmu yang paling penting di balik rekayasa kendaraan. 

Koefisien aerodinamika yang semakin rendah menunjukkan objek memiliki hambatan aerodinamis yang lebih rendah. Untuk itu Honda telah mengumumkan investasi senilai USD124 juta (sekitar Rp1,7 triliun) untuk membangun fasilitas terowongan angin di Ohio.

Rencananya fasilitas terowongan angin aeroacoustic multifungsi ini akan digunakan untuk memajukan inovasi mobil, dan meningkatkan fasilitas pengujian di Transportation Research Center (TRC) di East Liberty, Ohio. Peletakan batu pertama pembangunan dijadwalkan pada akhir musim panas 2017.

Contoh wind tunel yang digunakan pada F1

Menurut Honda, terowongan angin ini akan memanfaatkan sistem belt yang saling dipertukarkan yang mampu menguji kendaraan produksi maupun mobil balap. Fasilitas ini juga memiliki rolling road system primarily designed khusus untuk pengembangan kendaraan produksi. 

Adanya sistem single/wide belt disebut memungkinkan perusahaan untuk menguji mobil sport berkinerja tinggi dan kendaraan balap yang dirancang khusus. Kecepatan angin di terowongan tersebut bisa mencapai 192 mph atau sekitar 300 km per jam.

"Fasilitas baru ini akan semakin meningkatkan kemampuan kita untuk secara efisien menciptakan produk dengan kualitas terbaik bagi pelanggan kami. Ini akan menjadi bagian integral dari aktivitas litografi dan aeroakustik R & D kami, dan simulasi komputer, melalui model skala dan pengembangan kendaraan penuh, hingga jaminan kinerja kendaraan produksi. Dan semua ini sedang dilakukan di sini di AS," kata Presiden Honda R & D Americas, Inc. Frank Paluch.


(UDA)