Mobil Bekas

Berburu Suzuki Jimmy Katana, Wajib Cek Hal Ini

Ahmad Garuda    •    Senin, 11 Sep 2017 15:40 WIB
mobil bekas
Berburu Suzuki Jimmy Katana, Wajib Cek Hal Ini
Sedang berburu mobil seken berkemampuan offroad mini dan dimensi bodi mini ini? wajib cek beberapa hal ini. Wiki

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang hobi meluangkan waktu untuk bermain mobildi alam bebas seperti jalan-jalan pedesaan yang cenderung ekstrim non aspal, biasanya doyan dengan mobil SUV. Terlebih SUV yang memangg handal diajak dan sudah banyak jadi pilihan orang untuk digunakan di lahan offroad.

Salah satunya mobil yang banyak diburu untuk melampiaskan hobi ini adalah Suzuki Jimny Katana. Meski sudah cukup lama juga berhenti dipasarkan, namun baru-baru Suzuki Indonesia menjual versi terbaru mobil legenda itu di pasar Indonesia. Sayang, kuotanya cuma 88 unit dan itu sudah ludes terjual.

Menurut Welly pemilik Tifa Ban, Jakarta Barat yang juga hobby mengoleksi mobil offroad, bagi Anda yang masih ingin berburu versi sekennya, merupakan jalan tepat untuk menggarasikan mobil ini. Tapi ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk meminangnya.

Perhatikan Rangka/Sasis

Rangka atau sasis untuk tipe mobil offfroad, adalah hal yang sangat sensitif. Lantaran medan yang ditempuhnya cukup berat, maka sasis atau rangka wajib sempurna. Komponen ini salah satu objek vital yang harus di perhatikan karena sasis berperan penting sebagai titik tumpu di dalam sebuah mobil.

Untuk itu pilihlah mobil dengan bentuk sasis yang baik dan tidak keropos dimakan karat, karena jika sasis tersebut keropos maka biayanya akan sangat mahal untuk memperbaikinya kembali.

Cek Sistem Penggerak
Bagian 4x4 atau 4WD-nya, apakah masih berfungsi dengan baik atau mengalami masalah. Jika sistem tersebut mengalami masalah sebaiknya segera konsultasi ke bengkel terdekat untuk mengetahui berapa besaran biaya yang harus di keluarkan untuk merekondisi komponen itu.

Pastikan Tak Ada Oli Bocor
Hal ketiga yang patut Anda cek yaitu di bagian mesin jangan sampai ada oli yang menetes. Cek secara keseluruhan mesin dari atas sampai carter oli di bagian bawah Jimmy Katana tersebut.

Selain itu cek juga bagian knalpot, pastikan tak ada oli yang menempel di bagian dalam knalpot dengan cara memasukkan jari teluntuk ke dalam kenalpot. Jika ada oli yang meler alias bocor segera lakukan negosiasi ulang mengenai harga mobil tersebut.

Pastikan Kabin Masih Orisinil dan Rapi

Bagian selanjutnya adalah kabin atau interior. Pastikan panel-panel di bagian dashboard mobil tersebut, masih berfungsi dengan baik. Akan lebih baik jika masih orisinil. Jika ada yang kurang lakukan nagosiasi harga untuk hal ini dikarena walaupun rusaknya sedikit akan tetapi butuh dana untuk memperbaikinya.

Selain itu perhatikan juga pernak pernik mobil seperti emblem, stir, door trim, grill dll usahakan memilih mobil dengan pernak pernik tersebut masih pada tempatnya karena part ini agak susah di dapat di pasaran.


(UDA)