Teknologi Otomotif

Tiga Lubang Knalpot Honda Civic Type R, Punya Fungsi Khusus

Ekawan Raharja    •    Selasa, 04 Jul 2017 12:40 WIB
honda mobil
Tiga Lubang Knalpot Honda Civic Type R, Punya Fungsi Khusus
Honda Civic Type-R versi produksi diperkenalkan pertama kali di Geneva Motor Show 2017. Honda

Metrotvnews.com: Honda Civic Type R merupakan salah satu obil terbaik yang dimiliki oleh Honda hingga saat ini. Selain performnya yang baik, mobil ini juga menggunakan sistem knalpot dengan tiga lubang yang mungkin tidak pernah digunakan sebelumnya di mobil-mobil pada umumnya.

Biasanya mobil-mobil hanya menggunakan satu atau dua lubang knalpot. Lantas apa alasan Honda menggunakan tiga lubang knalpot?

Ternyata penggunaan tiga lubang knalpot ini bukanlah sekedar gaya atau kebutuhan desain semata. Hal ini berkaitan dengan suara yang dihasilkan oleh mesin dihidupkan.

"Secara tradisional hanya dengan satu sistem pembuangan besar suaranya akan banyak mendengung, meledak-ledak, dan tidak nyaman ketika mobil melaju kecang," punkas Senior Product Planner Honda, Rob Keough, seperti dikutip dari Road and Track.

Dari tiga lubang knalpot, dua lubang yang ada di kiri dan kanan mengadopsi model straight-flow muffler. Sedangkan lubang di tengah berfungsi sebagai peredam suara. Sehingga ketika mobil dihidupkan akan menghasilkan suara yang lebih keras, dan suara lebih nyaman ketika mobil di ajak melesat cepat di jalanan.

Selain untuk kebutuhan suara, Honda juga mengadirkan knalpot dengan model tiga lubang sebagai ciri khas. Dengan mengadopsi skema pembuangan ini, konsumen bisa mendapatkan sensasi dari menggema dari Civic Type R tanpa harus menambahkan komponen lainnya untuk meningkatkan suara deru knalpot.

"Sistem ini dirancang sederhana, anda bisa mendapatkan kepuasan tanpa komponen tambahan," tambah Keough.


(UDA)