Extra Mile Challenge

Eko Yulianto Kibarkan Merah Putih di UD Trucks EMC

Ahmad Garuda    •    Jumat, 26 Oct 2018 19:11 WIB
ud trucks
Eko Yulianto Kibarkan Merah Putih di UD Trucks EMC
Eko Yulianto berhasil kibarkan merah putih di kompetisi global UD Trucks Extra Mile Challenge. medcom.id/Ahmad Garuda

Tokyo: Kompetisi pengemudi truk terbaik versi UD Trucks dari seluruh dunia yang dihelat dalam event Extra Mile Challenge (EMC) pada Kamis (25/10/2018), akhirnya menemukan pemenang. Paling spesial karena tahun ini menjadi tahun pertama event tersebut dimenangi peserta asal Indonesia, Eko Yulianto.

Tentu kemenangan ini tidak diraihnya begitu saja, mengingat Ia sudah mengikuti ajang ini sebanyak 2 tahun berturut-turut. Tahun pertama Ia bahkan tidak lolos di sesi kualifikasi lokal di Indonesia. Namun setelah mengikuti ajang ini di tahun kedua, Ia mengambil banyak pelajaran dan juga mampu mengharumkan nama bangsa di ajang kompetisi dunia.

"Saya merasa sangat bangga bisa meraih hasil terbaik dalam kompetisi pengemudi truk terbaik ini. Mudah-mudahan bisa menjadi acuan bagi saya untuk berkendara semakin baik lagi untuk kedepannya. Kompetisi yang sebenarnya adalah dalam kehidupan sehari-hari. Jadi ini akan jadi motivasi untuk berkendara di Indonesia, apalagi selama mengikuti boot camp, banyak pengalaman berharga yang saya dapat di sini," klaim Eko usai memenangi ajang tersebut.

Kemenangan Eko ditetapkan tim juri independen yang ditunjuk UD Trucks global, setelah Ia menjadi pemenang kategori efisiensi bahan bakar. Namun karena Ia menjadi pengemudi yang paling tinggi skornya secara total, maka Eko ditetapkan sebagai pemenang dalam kompetisi skill ini.

Trainer Specialist UD Trucks yaitu Hadi Darwanto mengatakan bahwa ini adalah hasil kerja keras Eko dan semangat belajarnya untuk memenangi kompetisi. Bahkan sebelum berangkat ke Jepang, ragam simulasi yang mereka lakukan pun cukup rutiin untuk mendapatkan simulasi tepat memenangi kompetisi.

"Saya bangga karena ragam simulasi yang kami lakukan untuk membawanya lebih santai, berbuah hasil kemenangan. Sempat ragu sih dia bisa memenangi kompetisi ini, karena ada beberapa kesalahan yang saya lihat. Ya itu adalah konsekuensi ketika gugup. Kalau sudah gugup, pemikiran bisa kosong dan akhirnya melakukan kesalahan. Tapi kali ini Ia melakukan kesalahan dan tetap mampu konsentrasi di tahapan selanjutnya," pungkas Hadi.

Pencapaian ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi UD Trucks Indonesia. Mengingat mereka juga cukup konsisten melakukan kompetisi seperti ini di Indonesia.  Tinggal melihat sejauh mana para pemenang ini mampu membawa efek positif ke para pengemudi truk lainnya di Indonesia.


(UDA)