Mobil Bekas

Mobil Keluarga Seken Masih Favorit Jelang Mudik Lebaran

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 28 May 2018 13:13 WIB
mobil bekas
Mobil Keluarga Seken Masih Favorit Jelang Mudik Lebaran
Mobil seken jenis MPV masih menjadi incaran favorit keluarga Indonesia. Dok.MTVN

Jakarta: Seperti tahun-tahun sebelumnya, mendekati mudik lebaran, fenomena penjualan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) pun melonjak naik. Tidak terkecuali unit bekas yang harganya relatif lebih terjangkau dibanding unit baru.

Meski tinggal dua pekan menjelang lebaran penjualan mobil bekas tak meningkat signifikan, penjualan mobil jenis MPV masih menjadi incaran favorit keluarga Indonesia.

Mobil tujuh penumpang ini dianggap memiliki kapasitas dan bisa menampung penumpang yang lebih banyak. Seperti MPV Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Suzuki Etiga dan Toyota Inova.

Menurut Kim, owner Showroom mobil bekas Kim Motor di AXC Summarecon Bekasi, penjualan di Ramadan kali ini tak banyak mengalami peningkatan, mobil jenis MPV masih lebih banyak dicari dibanding model lainnya.

"Penjualan mobil saat ini masih  normal. Tapi untuk jualan sih ada saja, sekarang yang banyak dicari konsumen mobil keluarga seperti Innova, Ertiga dan Avanza," jelas Kim kepada Medcom.id di Bekasi, Senin (28/5/2018).

Lebih lanjut Kim menjelaskan, salah satu faktor yang membuat daya beli konsumen mobil bekas tidak seramai tahun sebelumnya akibat proses finance atau leasing yang sekarang lebih ketat, dan adanya proses BI checking serta appraisal mobil bekas (penaksir yang melakukan survei).

"Kalau dulu proses finance gampang, tidak ada BI checking, appraisal dan lain-lain. Nah sekarang beda, sistemnya sudah online, banyak konsumen yang ketahuan bermasalah, contohnya kartu kredit, KTA atau mobil pernah ditarik," beber Kim.


(UDA)