Tips Knowledge

Spion Electric Rectractable, Butuh Perlakuan Khusus

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 19 Sep 2017 08:10 WIB
tips mobil
Spion Electric Rectractable, Butuh Perlakuan Khusus
Perlakukan spion elektrik dengan benar agar lebih awet. Daihatsu

Metrotvnews.com, Jakarta: Fitur spion electrick dan rectractable sudah menjadi fitur standar kebanyakan mobil keluaran anyar. Selain memudahkan saat menyetel posisi kaca spion, fitur electric dan rectractable juga memudahkan pengemudi ketika melewati jalan sempit.

Lantaran dikontrol secara elektrik, spion jenis ini bakal rusak jika ditekuk secara manual, untuk itu ada hal yang perlu diperhatikan untuk membuat fitur itu lebih awet.

Saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu, owner Glow Auto, Ridwan membeberkan, kerusakan spion elektrik kebanyakan terajdi karena ditekuk secara paksa karena sang pemilik yang kurang memperhatikan cara kerjanya.

"Memperlakukan spion electrik berbeda dengan spion manual. Kontrol spion elektrik melalui kontrol panel yang sudah tersedia. Termasuk keberadaan tombol rectractable untuk menekuk spion atau electri untuk mengatur kacanya," jelas Ridwan.

Lebih lanjut pria ramah itu membeberkan, jika menekuk spion elektrik secara manual masa pakai spion tidak akan awet, karena komponen gear di dalamnya rusak. 

Ridwan menyarankan untuk menekuk spion saat parkir. Hal ini dilakukan agar spion tidak bersenggolan dengan mobil lain, atau mencegah ditekuk secara manual oleh petugas parkir.


(UDA)