Recall Honda Civic

Rem Parkir Elektronik Bermasalah, Honda Recall Civic 2016

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 18 Oct 2016 10:47 WIB
recall mobil
Rem Parkir Elektronik Bermasalah, Honda <i>Recall</i> Civic 2016
Recall tak sampai mengenai Civic di Indonesia. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com: Sebanyak 350 ribu unit Civic di Amerika Serikat harus ditarik (recall) untuk diperbaiki. Kebijakan ini ditempuh karena ada masalah di salah satu fitur mobil bermesin turbo tersebut, yakni bagian rem parkir elektronik.

Model yang ditarik adalah tipe sedan dan coupe model 2016. Anehnya, kasus ini hanya menimpa unit yang berada di negara adidaya tersebut. Penyebabnya adalah rem parkir elektronik tak bekerja dengan maksimal meski lampu indikator sudah menandakan fitur tersebut aktif. 

Rem parkir elektronik gagal berfungsi karena software di perangkat vehicle stability control unit yang bisa mencegah rem parkir tak berfungsi saat mesin dimatikan. Akibatnya, mobil bisa bergerak maju ketika posisi tuas transmisi tak berada diposisi P (parking). Kasus ini muncul setelah ada klaim garansi untuk rem parkir tersebut.

Beruntung sejauh ini belum ada laporan kecelakaan atau korban akibat kasus ini. Meski begitu, Honda tetap mengambil tindakan untuk tipe sedan dan coupe model 2016 agar hal buruk tidak terjadi.

Selanjutnya, Honda melakukan update software untuk mencegah masalah ini terulang. Untungnya, Civic 2016 yang beredar di Indonesia merupakan produksi Thailand. Sehingga kemungkinan mendapatkan masalah yang sama relatif kecil.


(HIL)