Mobil Tiruan

Zoyte SR9, 'Porsche Macan' Murmer dari Tiongkok

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 13 Oct 2016 09:45 WIB
porsche
Zoyte SR9, 'Porsche Macan' Murmer dari  Tiongkok
Zoyte SR9 punya desain mirip Porsche Macan. Autopro

Metrotvnews.com: Industri otomotif di Tiongkok memang sudah sebegitu majunya, bahkan brand-brand mobil mereka sudah membeli saham sejumlah brand ternama, misalnya Geely yang sudah membeli saham milik Volvo, brand asal Swedia yang terkenal akan teknologi keamanannya.

Tapi ada pula brand Tiongkok yang hanya meniru bentuk dari mobil yang sudah ada, seperti Porsche Macan yang diberi merek Zoyte SR9. Desainnya dan lekukan bodinya sangat kental pabrikan asal Jerman tersebut.

Tapi uniknya, harga jualnya hanya 100 ribu yuan, atau hanya Rp193 jutaan saja. Banderol ini lima kali lebih murah dari Macan yang berharga 500 ribu yuan.

Tentu ada harga ada rupa, fitur-fitur 'Macan' yang ini jelas kalah telak. Misalnya instrumen cluster yang masih model analog. Ya meski pada varian tingginya sudah aplikasi model digital, lalu teknologi tak sekomplit yang ditiru.

Eksteriornya meski mirip, tapi sedikit berbeda misal bentuk lampu depan-belakang, hanya penempatannya sama persis. Kalau interiornya banyak kemiripan, mulai dashoard, setir, instrumen cluster, lubang AC hingga kaca tengah yang identik.

Mobil ini bermesin 2.000cc, bensin, 4 silinder turbocharged bertenaga 254,7 daya kuda dan torsi 250 Nm. Lalu mesin 1.500cc turbocharged bertenaga 150 daya kuda. Keduanya dikombinasi transmisi manual 5-speed dan 6-speed DCT.
 


(UDA)