Mobil Baru

'Bapak Mobilio Indonesia' Pamit dari Industri Otomotif Nasional

Ahmad Garuda    •    Kamis, 16 Mar 2017 15:06 WIB
honda
'Bapak Mobilio Indonesia' Pamit dari Industri Otomotif Nasional
Tomoki Uchida (kanan). MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Kiprah President Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida yang sejak 2011 berkreasi di pasar otomotif nasional, bulan ini berakhir sudah. Akhir masa jabatannya ditandai dengan peluncuran dua produk facelift yaitu New Odyssey dan New City. 

Tidak sedikit cerita bahagia yang diciptakan pria ramah itu di pasar nasional, terutama karena mampu membawa brand Honda lebih kuat. Beberapa prestasi terbaik yang Ia cetak di antaranya adalah membuka pasar low MPV Honda di Indonesia dengan Mobilio, maka tak heran jika Ia dijuluki dengan 'Bapak Mobilio Indonesia'.
 
Kemudian pencapaian kedua adalah jumlah penjualan unit dalam setahun yang cukup tinggi di 2016 lalu. Dalam kurun waktu lima tahun, penjualan Honda di Indonesia meningkat perlahan tiap tahunnya, dari 45.416 unit di tahun 2011 menjadi 199.364 unit pada akhir 2016. Tak hanya itu, pangsa pasar Honda di Indonesia juga meningkat dari 5 persen  menjadi 19 persen  dalam kurun waktu yang sama. 

Peningkatan penjualan tersebut didukung peluncuran berbagai produk Honda pada segmen-segmen baru dalam masa kepemimpinan Uchida. Pada tahun 2012, Honda meluncurkan Honda Brio, yang kemudian disusul oleh produk best seller lainnya, seperti Honda Brio Satya (2013), Honda Mobilio (2014), Honda HR-V (2015) dan Honda BR-V (2016).

Prestasi lainnya, adalah mereka lebih berani tanam investasi dengan menambah berbagai fasilitas produksi di Indonesia. Di antaranya pabrik crank shaft, stamping plant, engine bench test facility dan masih banyak lagi. Ini dilakukan agar Honda mampu penuhi permintaan domestik, dan pasar ekspor yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Honda juga terus memperluas jaringan dealer-nya di seluruh Indonesia untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih dekat kepada konsumen. Sejak 2011 hingga bulan Maret 2017, Uchida telah membuka sebanyak 52 dealer baru Honda, sehingga menambah total menjadi 169 dealer dan sub dealer.

“Pencapaian ini tak lepas dari dukungan media, dealer, serta seluruh rekan kerja Honda di Indonesia. Namun, yang lebih penting adalah kepercayaan konsumen dan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Honda. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu saya dalam memajukan Honda di Indonesia,” ujar Uchida
 
Kini HPM akan dipimpin oleh presiden direktur yang baru, yaitu Takehiro Watanabe. Ia bergabung pertama kali bersama Honda pada tahun 1991. Pada tahun 2002, Watanabe ditugaskan di Honda de Mexico, S.A. de C.V, di Mexico. Pada tahun 2010, Watanabe kembali menerima tugas di luar negeri, yaitu di American Honda Motor Co., Inc., di Amerika Serikat.

Serah terima jabatan pun dilakukan langsung hari ini di Grand Ballroom Kempinski, Hotel Indonesia., Jakarta pada Kamis (16/3/2017). Hal itu ditandai dengan penyerahan kemudi Honda secara simbolik.


(GUS)