Klub dan Komunitas

Komunitas Outlander Sport Dukung Program Recall Mitsubishi

Ekawan Raharja    •    Selasa, 14 Nov 2017 15:31 WIB
klub mobil
Komunitas Outlander Sport Dukung Program <i>Recall</i> Mitsubishi
Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia harus menjalani program recall akibat tailgate gas spring assy dan front motor wiper assy bermasalah. MTVN/Ekawan

Jakarta: Mitsubishi Indonesia menggelar program recall untuk model Outlander Sport. Program purna jual ini menjadi bentuk perhatian tersendiri dari pabrikan, untuk menjaga mobil yang sudah terjual, tidak mengalami masalah. Komunitasnya pun mendukung program menarik itu, salah satunya Outlander Sport Indonesia (MitOSI).

Ketua Umum (MitOSI), Wayan Eka Putra, mengaku terkejut dengan adanya program recall ini. Mengingat selama ini tidak pernah ada permasalahan untuk pegas pintu belakang dan motor penyemprot air wiper. Bahkan sebelum ada pengumuman resmi melalui keterangan resmi, beberapa anggota MitOSI sudah dihubungi dengan program purna jual tersebut.

"Kami masih berpikir positif bahwa langkah ini perlu diambil untuk antisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selama langkah recall atau field fixed ini dilakukan untuk kenyamanan dan keselamatan para pengguna Outlander Sport, tentu kami akan mendukung," ujar Wayan melalui keterangan resminya.

Pentolan MitOSI ini juga berharap program recall tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Khususnya untuk proses pergantian komponen, bisa dijelaskan dengan baik kepada konsumen agar tidak membingungkan dan kepanikan ketika menjalani program recall.

"Beberapa member kami sudah menerima surat maupun short message service (SMS) untuk melakukan penggantian part yang bermasalah, dan penggantian sudah dilakukan di beberapa bengkel resmi," tambahnya lagi.

Mitsubishi Indonesia baru-baru ini mengumumkan program recall Outlander Sport. Program ini ditujukan untuk produksi 2012 - 2016 yang jumlahnya mencapai 17.064 unit. Secara keseluruhan, program ini akan melakukan perbaikan untuk tailgate gas spring assy dan front motor wiper assy.

Tentang tailgate gas spring assy (suspensi untuk membuka pintu belakang) yang bermasalah, adalah ketidakcukupan lapisan anti karat di area end cap outer tube. Seiring waktu membuat karat dapat terbentuk di bagian luar lubang pipa. Jika outer tube berkarat, penutup atau end cap dapat terlepas dan mencederai konsumen akibat pintu belakang menutup dengan sendirinya.

Sementara untuk masalah kedua yaitu motor wiper bagian depan, adalah ketidaktepatan struktur tahan air yang mengakibatkan adanya potensi air masuk (ketika hujan atau mencuci kendaraan) ke dalam motor wiper dan menyebabkan hubungan arus pendek serta membuat motor wiper tidak bekerja.

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab MMKSI dalam menyediakan jaminan produk dan layanan purna jual yang berkualitas. Konsumen dengan model kendaraan tersebut yang menerima undangan kampanye dapat langsung menghubungi dealer terdekat,” papar Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro melalui keterangan resminya.

Program purna jual ini sudah dimulai sejak 13 November 2017 di seluruh bengkel resmi Mitsubishi. Perlu diingat bahwa program ini tidak menarik biaya apapun untuk pengecekan dan pergantian komponen yang termasuk kepada program recall.


(UDA)