Peristiwa unik

Isi Bensin, Jangan Percaya Mitos!

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 23 Mar 2018 15:23 WIB
peristiwa unik
Isi Bensin, Jangan Percaya Mitos!
Mitos di SPBU tak seluruhnya benar. Dok. MTVN

Jakarta: Pernahkah Anda menyaksikan kejadian unik dan lucu ketika berada di area Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU)? Entah melalui video, melihat langsung atau membaca berita.

Kejadian itu pun banyak beredar di masyarakat dan terkadang menjadi lucu. Tidak jarang kejadian ini terlihat aneh, merepotkan dan hasilnya tidak terlalu signifikan. Berikut adalah sejumlah kejadian unik yang terjadi di SPBU.

Banyak yang mengatakan bahwa kalau mau membeli BBM, silahkan pilih SPBU dengan kode awal 31 yang merupakan kode kepemilikan oleh Pertamina sendiri. Pertamina menegaskan itu tidak memiliki pengaruh. Masyarakat beranggapan SPBU dengan kode 31, takarannya lebih pas, sedangkan SPBU kode 34 sebaliknya.

"Selama SPBU itu sudah berlogo Pasti Pas, SPBU tersebut punya nilai toleransi yang sudah sesuai standar Pertamina," kata Muhammad Resa, Assistant Manager Brand Communication Pertamina, beberapa waktu lalu.

Membeli Dengan Nominal Ganjil
Konon jika hal ini dilakukan untuk menghindari permainan meteran dispenser SPBU, yang dianggap sudah di-setting pada nominal bulat, seperti Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp200 ribu dan nominal bulat lainnya. Alhasil tambahkan Rp500 atau, Rp2 ribu agar sedikit ganjil.

"Itu juga tidak berpengaruh, SPBU khususnya berlogo Pasti Pas toleransinya kecil sekali dan kalau ada, kita akan beri sanksi ke SPBU tersebut," urai Resa lagi.

Mengisi BBM di Pagi Hari
Berkaitan dengan hukum kimia, semakin rendah suhu maka cairan akan lebih padat, maka saat suhu tinggi sebaliknya. Suhu pagi yang lebih rendah diyakini membuat BBM lebih padat dan yang masuk tangki kendaraan lebih banyak.

Hal ini memang benar, tapi untuk ukuran tangki kendaraan motor dan mobil yang ukurannya relatif kecil, pengaruhnya tidak terlalu signifikan.

Goyang-Goyang Kendaraan
Maksudnya agar BBM mengisi seluruh ruang pada tangki BBM kendaraan. Agak sia-sia, karena sifat BBM yang berupa cairan, akan mengisi seluruh ruang pada wadah penampungnya.

Terkadang malah lucu ketika melihat pengemudi yang menggoyang-goyangkan mobilnya saat mengisi BBM. Yang sering melakukannya adalah pengemudi angkutan umum.


(UDA)