Peristiwa Unik

Tolak Kenaikan BBM, 'Rompi Kuning' Rusak Mobil-Mobil Mewah di Prancis

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 12 Dec 2018 09:14 WIB
Tolak Kenaikan BBM, 'Rompi Kuning' Rusak Mobil-Mobil Mewah di Prancis
Unjuk rasa tolak kenaikan BBM di Prancis. Carscoops

Paris: Rencana Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe untuk menaikan pajak BBM dan tarif dasar listrik memicu kemarahan warga. Demonstran penentang kenaikan harga BBM yang disebut media lokal sebagai kelompok "rompi kuning" mengecam keras rencana penaikan harga BBM tersebut. 

Aksi unjuk rasa menentang harga yang sudah berlangsung lebih dari dua pekan itu membuat para pengunjuk rasa memblokade berbagai ruas jalan utama dan bundaran, merusak toko-toko dan merusak kendaraan yang secara khusus menargetkan mobil mewah.

Dilaporkan Carscoops, beberapa mobil mewah yang diincar dan jadi sasaran kemarahan para demontrans mulai dari Porsche 911 Cabriolet, Mercedes-AMG GT S, hingga Range Rover Sport dengan pelat diplomatik. 

Mereka mengaku kemampuan membeli BBM terus menurun di bawah pemerintahan Presiden Emmanuel Macron. Harga diesel, jenis BBM yang banyak digunakan di mobil-mobil Prancis, meningkat sekitar 23 persen dalam 12 bulan terakhir menjadi 1,51 euro atau setara Rp25 ribu per liter.

Rencana menaikkan pajak BBM jenis petrol dan diesel di Prancis pada 1 Januari 2019 akan ditunda hingga enam ke depan. Penaikan tarif dasar listrik serta gas juga ditunda sepanjang musim dingin.

Bentrokan di tengah unjuk rasa menentang harga BBM ini disebut-sebut sebagai yang terparah melanda Prancis dalam beberapa dekade terakhir. Empat orang dilaporkan tewas dalam unjuk rasa yang tersebar di seantero Prancis.
(UDA)