Mobil Baru

Tanpa Seremoni, Suzuki Luncurkan Ertiga Anyar

Ekawan Raharja    •    Jumat, 15 Feb 2019 19:38 WIB
mobil barusuzuki mobil
Tanpa Seremoni, Suzuki Luncurkan Ertiga Anyar
Suzuki mulai memperkenalkan New Ertiga. Suzuki

Jakarta: Suzuki secara diam-diam melakukan penyegaran untuk Ertiga, tanpa ada seremonial seperti biasanya. Geng Pulogadung ini melakukan sejumlah improvisasi untuk beberapa fitur-fitur yang ada di mobil keluarga itu.
 
4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Setiawan Surya, menjelaskan penambahan fitur yang dilakukan ini untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Merek asal Jepang ini berharap dengan penambahan fitur ini membuat New Ertiga semakin sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
 
“Penyegaran yang kami lakukan di New Ertiga dikembangkan berdasarkan masukan-masukan dari konsumen setia Suzuki. Sejak Ertiga diluncurkan pada tahun 2012 kami terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan baik dari fitur eksterior maupun interior. Kami lakukan beberapa perubahan sebagai bagian dari pengembangan untuk mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara," sambut Setiawan melalui keterangan resminya.
 


Tidak banyak ubahan yang terjadi di sisi eksterior. Perubahan terjadi di varian GL yang sudah memiliki foglamps, sama seperti pada tipe tertinggi GX. Kemudian varian GX sekarang memiliki pelek baru dengan model palang 2-tone black polished.
 
Tampilan interior tipe GX mengalami sedikit ubahan dengan kelengkapan Headunit touch screen audio untuk memudahkan pengoperasian media hiburan, ubahan AC auto Climate with heater sehingga suhu udara bisa diatur sesuai keinginan.
 
Perbaikan detail juga dilakukan dengan penggunaan assist grip foldable pada plafon baris pertama dan kedua. Di baris ketiga disematkan fixed assist grip untuk menjadi pegangan penumpang ketika mobil mengalami guncangan.
 

Sektor dapur pacu kemungkinan tetap dipersenjatai dengan mesin K15B, berkapasitas 1.500 cc yang mampu beri output tenaga 103,2 daya kuda di @6.000 rpm, dan torsi 138 nm di @4.400 rpm. Opsi transmisi ada lima speed manual dan empat speed otomatis.
 
Sebagai perbandingan saja, mesin ini sedikit lebih kuat dibandingkan mesin New Toyota Avanza. Geng Sunter tersebut mengandalkan mesin 1.496 cc DOHC Dual VVT-i bertenaga 102,5 daya kuda dan torsi 136 nm.
 
Sayangnya di rilis yang disampaikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menjelaskan kehilangan fitur ESP (electronic stability program) yang ramai dibahas beberapa waktu lalu. Padahal fitur ini cukup penting untuk keamanan karena untuk membantu menjaga kendaraan tetap berada di jalan, terkontrol, dan selalu di jalur yang benar.
 


Kemudian Suzuki juga belum merilis harga untuk New Ertiga dengan sejumlah detail yang mengalami sejumlah ubahan. Jika berdasarkan bocoran yang ada, New Ertiga akan dipasarkan mulai dari Rp215,5 juta hingga Rp240 juta (on the road Jabodetabek). Penyesuaian ini dilakukan karena sebelumnya All New Ertiga dibanderol dengan harga mulai dari Rp196 juta hingga Rp241,5 juta untuk varian GX ESP (on the road Jabodetabek).

Membandingkan harga, New Avanza sebagai kompetitornya langsung memiliki rentan harga yang lebih luas. Mobil hasil produksi pabrik Daihatsu Indonesia ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp188,6 juta hingga Rp239,450 untuk varian Veloz 1.5 A/T (on the road Jabodetabek).


(UDA)