Mobil Listrik

Bus Listrik Poncho EV, Kontribusi Hino Jaga Lingkungan

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 04 Aug 2018 16:28 WIB
mobil listrik
Bus Listrik Poncho EV, Kontribusi Hino Jaga Lingkungan
?Bus Listrik Poncho EV persembahan Hino. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto,

BSD City: Isu lingkungan menjadi kepedulian dari semua pabrikan otomotif dunia, baik untuk mobil penumpang ataupun mobil komersial. Hal itu terlihat dari para produsen otomotif yang unjuk penguasaan teknologi menampilkan berbagai mobil konsep dan produk terbaru mereka di berbagai ajang pameran otomotif. 

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) salah satu yang unjuk gigi menampilkan mobil komersial jenis bus Poncho EV (Electric Vehicle) di GIIAS 2018. Menurut Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki, bus Hino Poncho EV (Electric Vehicle) yang ditampilkannya sebagai kontribusi kepada lingkungan dan masyarakat.

"Bus ini merupakan bus ramah lingkungan yang bebas emisi dan CO2, suaranya yang halus sehingga membuat nyaman penumpang yang berada di dalamnya," ujarnya dalam keterangannya resminya kepada awak media, Jumat (4/8/2018).

Hiroo mengklaim, Hino bus Poncho EV merupakan bus ramah lingkungan yang bebas emisi dan CO2. Selain kendaraan listrik, Hino turut juga memboyong truk berbahan bakar gas atau compressed natural gas (CNG) Hino FM 360 Tractor Head. Tenaga mencapai 360 PS dengan torsi maksimal 125/1.200 kgm/rpm. Dengan menggunakan bahan bakar gas, emisi gas buang lebih ramah lingkungan, truk ini juga memberikan kontibusi untuk lingkungan yang lebih bersih.

Sayangya, bos HMI itu belum memberikan keterangan lebih detail apakah bus listriknya atapun truk CNG-nya itu akan segera digunakan di Indonesia. 

Meski begitu, setidaknya ini dapat memberikan angin segar dan motivasi bagi yang lain dengan bertambahnya kendaraan ramah lingkungan, yang juga sudah digagas PT Mobil Anak Bangsa (MAB), yang telah memperkenalkan prototipe kedua dari bus listrik hasil garapannya di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC), Maret lalu.


(UDA)