Industri Otomotif

Masalah Internal jadi Musabab Kia Mundur dari Gaikindo?

Ekawan Raharja    •    Kamis, 30 Aug 2018 13:19 WIB
industri otomotifkia
Masalah Internal jadi Musabab Kia Mundur dari Gaikindo?
Kia ketika mengikuti pameran yang diselenggarakan Gaikindo. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Kabar mengejutkan datang dari PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Diberitakan kalau kini pabrikan asal Korea Selatan tersebut tak terdaftar lagi sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

PR Manager KMI, Dina Andridiana menjelaskan, saat ini mereka memang sudah tidak aktif menjadi anggota Gaikindo. Ada sejumlah alasan internal yang menjadi alasan pabrikan asal Negeri Gingseng ini membekukan keanggotaannya dari Gaikindo.

"PT KMI sedang melakukan konsolidasi internal yang komprehensif, tentunya membutuhkan konsentrasi penuh dari managemen agar dapat membawa Kia ke arah yang lebih baik, termasuk evaluasi terhadap berbagai kebijakan yang menyangkut pihak dari luar perusahaan," tulisnya melalui keterangan resminya.

Namun dia mengakui kalau saat ini mereka masih menjalin hubungan baik dengan asosiasi kendaraan roda empat tersebut. Bahkan dia juga menjelaskan kalau Kia nantinya akan kembali aktif sebagai anggota Gaikindo begitu urusan internalnya rampung.

Konsolidasi internal mungkin memang perlu dilakukan oleh KMI untuk memperkuat diri menghadapi persaingan industri otomotif Indonesia. Menurut data Gaikindo 2018 di tiga bulan pertama hanya berhasil menjual 122 unit.

Keluarnya Kia dari Gaikindo, tentu mirip dengan Mercedes-Benz Indonesia. Cuma waktu itu, Mercedes-Benz tidak bisa memberikan data penjualan mereka setiap bulannya dikarenakan adanya kebijakan dari kantor pusat di Jerman.


(UDA)