Mobil Hemat Energi

Rekor Asia Pecah Dalam Lomba Mobil Hemat Energi

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 07 Nov 2016 17:59 WIB
Rekor Asia Pecah Dalam Lomba Mobil Hemat Energi
Mobil tim Sadewa Hore pecahkan rekor Asia. FDR

Metrotvnews.com, Jakarta: Lomba mobil hemat energi tak hanya diadakan oleh pihak asing yang mempertarungkan peserta dari mancanegara. Perlombaan itu juga diadakan secara nasional yang diselenggarakan di kawasan Candi Prambanan, Jawa Tengah pada akhir pekan lalu.

Pada lomba ini, tim Sadewa Hore dari Universitas Indonesia keluar sebagai juara pertama kelas Urban Gasoline dengan menempuh jarak 401,4 km per liter. Torehan ini memecahkan rekor Asia dengan raihan 301 km per liter pada 2013.

"Awalnya kami tertinggal dari tim lain. Tapi kami yakin dengan mobil, driver, dan ban yang digunakan bisa meraih hasil positif," papar Jefri Alfonso Sigalingging dari tim Sadewa Hore Universitas Indonesia.

Pada acara yang didukung ban FDR ini, Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI) meraih juara pertama FDR Award dengan best time lap 2 menit 58 detik dengan mencatat perolehan 180,3 km per liter. Catatan itu dua kali lipat dari rekor mereka di tingkat Asia.

“Rekor kami sebelumnya sekitar 80 km per liter. Awalnya kampus kami hanya menargetkan 110 km/liter setelah melakukan upgrade mesin dan mengganti parts menjadi low friction.  Tapi hasilnya lebih bagus lagi jadi 180 km per liter,” tutup Ramdhani, manajer tim Tim Bumi Siliwangi 4 dari UPI.
(HIL)