Mobi Baru

XE SV Project 8, Bakal Jaguar Tercepat di Dunia

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 30 May 2017 09:46 WIB
jaguar
XE SV Project 8, Bakal Jaguar Tercepat di Dunia
Jaguar XE SV Project 8. Autoguide

Metrotvnews.com: Jaguar mengumumkan proyek barunya untuk membuat mobil yang akan menjadi model tercepat mereka. Project yang diberi nama XE SV Project 8 ini disebut menawarkan sedan dengan kinerja dan dinamika supercar.

"Waktunya tepat bagi Jaguar Land Rover’s Special Vehicle Operations (SVO) untuk menghasilkan mobil dengan performa paling ekstrem dalam sejarah Jaguar," kata Managing Director SVO Jaguar Land Rover, John Edwards, kepada Automotive News, beberapa waktu lalu.

Pembuat mobil asal Inggris itu, XE SV Project 8 diklaim sebagai Jaguar paling ekstrem yang pernah ada. Jaguar membekali mobil ini dengan mesin V8 berkapasitas 5.0 liter supercahrged yang mampu memuntahkan tenaga hingga 600 daya kuda.

Alhasil, berkat kapasitas mesin yang besar, mobil ini mampu digeber hingga kecepatan 320 km per jam, dan dari posisi diam ke 100 kilometer per jam hanya butuh 3,5 detik.

Lebih lanjut Bos Jaguar menjelaskan, sebelum resmi diperkenalkan, sedan bertenaga besar sudah diuji coba di Sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman.

Rencananya XE SV Project 8 hanya akan diproduksi 300 unit untuk pasar global dan mulai dijual tahun depan. Namun untuk spesifikasi lengkapnya Jaguar baru akan mengumumkan pada Juni mendatang, bersamaan dengan debutnya di Goodwood Festival of Speed ??2017.


(UDA)