Tips Mudik Aman

Arus Balik, Istirahat di Rest Area Tak Boleh Lebih dari 30 Menit

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 28 Jun 2017 08:23 WIB
tips mudik
Arus Balik, Istirahat di Rest Area Tak Boleh Lebih dari 30 Menit
Istirahat di rest area secukupnya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Ilustrasi/MTVN/Intan Fauzi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk mengantisipasi kemacetan saat arus balik lebaran 2017, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, bakal membuat aturan baru. Pemudik tidak boleh berlama-lama berhenti di rest area ketika hendak balik ke Jakarta.

"Rest area ini yang buat banyak kemacetan, jadi nanti saya akan bekerja sama dengan Kapolri dan Asops Kapolri Irjen Polisi Unggung Cahyono. Kita akan buat kupon tidak melebihi setengah jam bagi masyarakat yang ingin berhenti di rest area pada saat arus balik. Agar tidak macet panjang," beber Budi dalam program Prime Talk Metro TV, Selasa 27 Juni 2017.

Pemberian kupon ini, beber Budi, akan diberikan ke masyarakat dengan cepat. Sebab, banyak orang yang ingin berhenti di rest area untuk shalat maupun istirahat sejenak.

"Mereka santai tidak ada target (balik), maka akan diedukasi. Saya mengimbau bagi yang pulang nanti gunakan rest area secukupnya. Karena masih banyak yang mengantre (rest area)," tutur mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa menyebut, kepolisian mendukung langkah Kementerian Perhubungan. Sebab, waktu pemudik di rest area memang harus diperhatikan.

Pemudik yang menggunakan rest area dengan waktu yang lama bakal menyusahkan pemudik lain. Apalagi, kapasitas rest area untuk menampung kendaraan yang akan parkir terbatas.

"Karena, rest area ini kapasitas ke depannya harus dipikirkan, karena banyak mobil yang tidak muat untuk parkir. Kalau tidak dipikirkan, banyak antrean kian kilometer (km). Di depan mereka lihat titik jalan lancar, tapi kalau melihat ke belakang pasti mereka lihat tidak lancar, karena macet akibat antrean rest area," tutur dia.

Kepolisian sjuga sudah menyiapkan sejumlah langkah buat mengatasi kemacetan pada arus balik. Yakni contra flow, buka tutup, dan arus yang sepi kendaraan akan dialihkan.


(UDA)