Jual Beli Mobil Bekas

Berkah Lebaran, Penjualan Mobil Bekas Melonjak 30 Persen

Ekawan Raharja    •    Rabu, 21 Jun 2017 09:34 WIB
mobil bekas
Berkah Lebaran, Penjualan Mobil Bekas Melonjak 30 Persen
penjualan mobil bekas meningkat hingga 30 persen jelang lebaran. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang Idul Fitri banyak masyarakat yang membutuhkan kendaraan, baik kondisi baru atau pun bekas, untuk dibawa mudik ke kampung halaman. Sebuah data menunjukan permintaan mobil bekas meningkat hingga 30-50 persen.

Menurut data yang dikumpulkan tim Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id, menunjukan para pemain mobil bekas mendapatkan berkah di sepanjang bulan ramadan. Faktor persiapan mudik dan pemberian uang tunjungan hari raya (THR) menjadi pemicu utama banyak masyarakat mengambil mobil baru.

"Jelang lebaran tahun ini penjualan kita naik. Kalau dihitung-hitung naik sekitar 30 persen. Kalau bulan-bulan biasa rata-rata terjual 15 unit, sekarang saya sudah berhasil menjual kurang lebih 22 unit," tulus Pemilik Showroom Tiluf Mobiliondo di Bekasi, Agus Agustyady, melalui keterangan resminya.

Jika menilik jenis mobil bekas yang banyak terjual, masyarakat masih banyak mencari mobil untuk keluarga seperti multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan sejenisnya. Selanjutnya mobil murah atau low cost green car seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, atau Honda Brio Satya juga banyak di buru peminat mobil bekas.

Pembelian mobil bekas LCGC tentu karena harganya yang terjangkau. Bahkan dengan down payment Rp10 juta, konsumen sudah bisa membawa pulang Brio Satya atau Agya.

Tak cuma di area Jabodetabek, perputaran bisnis mobil bekas juga cukup tinggi di Semarang Jawa Tengah. Bahkan litbang Carmudi mancatat penjualan mobil bekas mencapai 110-120 unit per bulan.

Bahkan peluang ini coba dimanfaatkan website jual mobil bekas tersebut dengan membangun sentra penjualan mobil bekas Carsentro Semarang. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani no 189 Semarang dianggap cukup strategis, dan diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan mobil bekas di Semarang dan sekitarnya.

Kemudian melihat sudut pandang metode pembelian mobil bekas, lembaga pembiayaan BCA Finance mencatat 70 persen dilakukan dengan cara kredit. Pemicu utama pembayaran DP karena adanya THR yang di terima jelang lebaran.


(UDA)