Teknologi Otomotif

BMW Riset Kunci Mobil Terkoneksi Smartphone

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 18 Sep 2017 08:54 WIB
bmw
BMW Riset Kunci Mobil Terkoneksi Smartphone
Teknologi smartphone menjadi ide dasar BMW merubah kunci konvensionalnya. Autoguide

Metrotvnews.com: Perkembangan dan kebutuhan smartphone yang sangat pesat di masyarakat, membuat BMW menjadikan ini sebagai ide dasar untuk mengembangkan kunci mobil paling canggih. Yaitu kunci yang bisa terhubung dengan aplikasi smartphone. 

"Jujur saja, berapa banyak orang yang benar-benar membutuhkannya?" kata BMW board member, Ian Robinson kepada Reuters. "Mereka tidak pernah mengambil kunci mobil dari kantong mereka, jadi mengapa saya perlu membawanya?"

Lebih lanjut Robinson menjelaskan, hampir semua pelanggannya memiliki smartphone dengan akses gratis ke Aplikasi BMW, itu juga salah satu alasan untuk menggantikan peran kunci konvensional melalui smartphone.

Hal itu juga tidak terlepas fitur kunci fob yang saat ini sudah banyak diterapkan di mobil baru, sehingga tidak perlu lagi memasukan kunci untuk menghidupkan mesin mobil. Selama kunci fob berada dekat mobil maka tombol push start akan bekerja. 

Menurut Robertson, pabrikan mobil Jerman saat ini sedang mempelajari segala aspek mengenai kemungkinan menggantikan kunci mobil fisik di mobil-mobil mereka. 

Ini sepertinya merupakan kemajuan yang tak terelakkan di industri otomotif. Bisa jadi, di masa yang akan datang, yang dibutuhkan hanyalah aplikasi ponsel pintar dengan sistem keamanan teruji. 


(UDA)