Teknologi Otomotif

Noair, Ban Anti Bocor Dengan Formulasi Unik

Ekawan Raharja    •    Senin, 18 Sep 2017 17:13 WIB
komponen otomotif
Noair, Ban Anti Bocor Dengan Formulasi Unik
Toyo Noair hingga saat ini masih berstatus ban konsep. Nikkan Jidosha Shimbun Inc

Metrotvnews.com: Toyo memperkenalkan ban terbarunya yakni Noair. Ban ini anti bocor karena di dalamnya tidak ada udara, alias ban ini tidak membutuhkan udara untuk penggunaannya.

Tetapi jangan terburu-buru langsung mencari ban ini karena masih berstatus ban konsep. Produsen ban asal Jepang ini sudah melakukan riset mengenai ban tanpa udara sejak 2006 silam.

Melihat bentuknya, noair masih berbentuk lingkaran dengan telapak berbahan karet seperti ban pada umumnya. Bedanya di bagian dalam terdapat jejaring resin (getah) yang jumlahnya sekira 50 selayaknya pelek model jari.

Struktur jari ini yang kemudian menggantikan fungsi udara di dalam ban. Nantinya bagian ini yang akan meredam getaran dan juga menjaga bentuk ban tetap kondisi lingkaran penuh saat disematkan di mobil.

Produsen ban asal Jepang ini juga sudah mempersiapkan lebih dair 50 motif ban. Ban ini bakal tersedia dengan berbagai ukuran dan juga peruntukan.

Menurut keterangan resminya, Toyo sudah melakukan uji coba Noair di fasilitas riset and Development mereka dan area parkir di Osaka Jepang. Hasilnya sudah memuaskan untuk grip Noair di jalan. Hanya saja mengenai noise yang dihasilkan dari ban masih menjadi sedikit catatan minor bagi Toyo.

Salah satu alasan Toyo belum memasarkan Noair karena di Jepang belum ada regulasi yang mengatur mengenai ban tanpa udara. Tetapi mereka janjikan ban ini akan segera dipasarkan begitu regulasi sudah ditetapkan.


(UDA)