Mobil Listrik

Solo, Mobil Egois Bertenaga Listrik

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 11 Sep 2016 18:30 WIB
mobil listrik
Solo, Mobil Egois Bertenaga Listrik
Solo diharap menjadi komuter masa depan. Autoguide

Metrotnews.com: Electra Meccanica adalah salah satu perusahaan yang ikut mengembangkan mobil berbasis tenaga listrik. Mobil ini bakal berpartisipasi di ajang Solo battery-electric commuter car 2017. Ini merupakan bagian dari rangkaian acara The Luxury and Supercar Weekend yang diselenggarakan di Vancouver, British Columbia, Kanada.

Electra Meccanica merupakan electric division dari perusahaan InterMeccanica, yang berkantor pusat di Vancouver dan cukup dikenal sebagai rumah modifikasi, salah satunya pernah mereproduksi Porsche roadsters. Di ajang ini, Electra Meccanica memperkenalkan kendaraan terbarunya, yang diberi nama Solo.

Seperti namanya, Solo didesain hanya memiliki satu jok untuk pengemudi atau bisa dibilang dengan mobil egois, dengan bentuk bodi seperti Bajaj yang memiliki tiga roda. Perusahaan mengklaim, kendaraan bertenaga listrik ini mampu menempuh perjalanan sejauh 160 kilometer untuk sekali pengisian. Pengisian baterai berdaya 240 volt membutuhkan waktu tiga jam.

A 16.1-kilowatt-hour lithium-ion battery menyediakan listrik untuk  AC synchronous electric motor, yang dayanya dihasilkan dari motor yang dipasang di roda bagian belakang. Kendaraan ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 82 daya kuda dan torsi 149 lb ft, dan bisa  sprint dari 0-100 km per jam di bawah 8 detik. Sementara top speed-nya mencapai 128 km per jam.

Rencananya Solo akan dipasarkan seharga USD15.500 (sekitar Rp217 juta), dengan penawaran paket bumper-to-bumper warranty selama dua tahun dengan jarak tempuh terbatas, dan garansi baterai delapan tahun.

"Kami percaya bahwa Solo akan menjadi kendaraan komuter pilihan masyarakat di masa depan. Kendaraan ini non polusi dan sangat ekonomis untuk digunakan operasional," kata Henry Reisner, salah satu bos perusahaan.


(UDA)