Teknologi Mobil Balap

Pelindung Kokpit Mobil F1, Siap Diaplikasi di 2017

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 19 Sep 2016 16:00 WIB
formula satu
Pelindung Kokpit Mobil F1, Siap Diaplikasi  di 2017
Perangkat pelindung kokpit Halo bakal digunakan di F1. Flipboard

Metrotvnews.com: Sistem pelindung kokpit baru 'Halo' yang akan dipasang di setiap mobil Formula 1 telah melalui sejumlah tahapan pengujian. Termasuk Ferarri yang siap menggunakan perangkat tersebut. Apalagi setelah diuji langsung oleh Lewis Hamilton, Ia merasa bahwa sistem tersebut membuat pembalap lebih aman.

Autosport melaporkan, bahwa setelah pengujian yang dilakukan selama latihan pekan ini, Hamilton bersedia untuk memasang Halo pada mobilnya sekarang. Ia bilang tidak perlu menunggu sampai tahun depan.

"Terlepas dari banyak masukan yang berbeda, saya tidak melihat banyak pengaruhnya dan bisa menyelesaikan latihan akhir pekan ini. Tidak ada masalah, lebih baik lagi jika komponen itu mulai dipasang sekarang," katanya usai melakukan tes tersebut.

Secara estetika, memang terlihat sedikit mengganggu. Karena ada tonjolan yang cukup besar di atas kokpit mobil. Tapi dari sisi safety atau keselamatan para pembalap, ini akan sangat membantu, jika terjadi insiden tabrakan hingga membuat mobil terbalik.

"Ini jelas tidak terlihat baik secara estetika, tapi ketika kita kembali ke yang 17 persen (peningkatan keselamatan), itu masih lebih baik dari pada tidak," katanya.
 
Hamilton terkenal dengan kritikannya yang cukup pedas untuk aspek teknis mobil. Apalagi diperkenalkannya Halo sebagai pelindung kokpit F1. Dukungannya bisa menjadi bagian penting, untuk membawa perangkat perlindungan kokpit ini digunakan dalam F1.

 


(UDA)