Lalu Lintas

Gerbang Tol Satu Tarif, Untungkan Pengguna Jarak Jauh

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 08 Sep 2017 15:31 WIB
lalu lintas
Gerbang Tol Satu Tarif, Untungkan Pengguna Jarak Jauh
Gerbang tol Cibubur jadi biang macet setiap hari, dan gerbang Cimanggis Utama macet setiap weekend. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejak 8 September 2017 PT Jasa Marga menghilangkan transaksi di gerbang tol Cibubur dan Cimanggis Utama di jalur tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi). Ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalur tersebut.

"Seperti kemarin kita lakukan di tol Jakarta-Tangerang, gerbang tol Karang Tengah y‎ang selama ini dianggap jadi penghambat dan membuat kemacetan luar biasa, sama juga seperti itu, Cibubur Utama dan Cimanggis Utama juga buat kemacetan," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

Efek dihilangkannya dua gerbang tol ini yakni pada tarif tol yang dikenakan. Besaran tarifnya menggunakan mekanisme single tarif sebesar Rp6.500.

Dengan mekanisme ini, maka tarif tol untuk pengguna jarak jauh menjadi turun sebesar Rp2.500. Sementara untuk jarak dekat, maka tarifnya akan mengalami sedikit kenaikan.

Desi mengatakan ini konsekuensi dari diberlakukannya single tarif. "Memang sebetulnya lebih prioritas ke jarak jauh. Jadi mungkin orientasinya jarak dekat akhirnya tidak memilih lewat jalan tol," pungkas Desi.


(UDA)