Teknologi Mobil

Alasan Honda Menggunakan Front Wheel Drive di Civic Type R

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 15 Jun 2017 15:05 WIB
honda mobil
Alasan Honda Menggunakan <i>Front Wheel Drive</i> di Civic Type R
Honda pertahankan tradisi sistem penggerak roda depan di Civic Type R 2017. Autoguide

Metrotvnews.com: Berbeda dengan model sport Ford Focus RS, Volkswagen Golf R dan Subaru WRX STI yang mengusung sistem penggerak semua roda/all-wheel drive. Honda justru memilih untuk menggunakan sistem penggerak roda depan/front-wheel di Civic Type R 2017.

Namun, apa yang dilakukan Honda bukan tanpa alasan, salah satunya adalah karena untuk menjaga tradisi. Pabrikan asal Jepang menegaskan, sampai saat ini tidak ada Honda Type R yang menggunakan sistem all-wheel drive, apalagi Civic.

"Secara tradisional, platform Civic menggunakan penggerak roda depan, untuk itu Civic akan selalu memakai penggerak roda depan. Dan Tipe R adalah tentang berapa banyak yang bisa kita capai dari platform itu," kata Civic senior product planner, Rob Keough, dikutip dari Autoguide.

Masing-masing sistem penggerak ini diklaim punya keunggulan dan kekurangan. Umumnya, all-wheel drive banyak digunakan pada mobil jenis sport. Tidak hanya berfungsi untuk memberikan traksi tambahan, tapi juga membantu mengirimkan daya pada keempat roda secara seimbang. Seperti yang digunakan oleh Focus RS, yang diklaim bisa meningkatkan torsi hingga 70 persen ke roda belakang jika diperlukan.

Sementara, yang menjadi kekurangan pada sistem all-wheel drive adalah membuat bobot kendaraan semakin berat, akibat dari penambahan komponen. Serta ada kekurangan daya drivetrain yang tak terelakkan, yang dihasilkan dari sistem all-wheel drive dibanding dengan sistem front-wheel drive.

Dalam hal ini, Honda memberikan perbandingan dari hasil pengetesan di sirkuit Nurburgring. Disebutkan, untuk menyelesaikan putaran tercepatnya Focus RS dan Golf R memperoleh catatan waktu lebih dari delapan menit, sedangkan Civic Type R 2017 mencatatkan waktu 7: 43.80.

Padahal secara substansial Focus RS punya tenaga lebih besar, yang mencapai 350 daya kuda dan torsi 350 lb-ft yang dihasilkan dari mesin turbo 2,3 liter. Sementara tenaga Civic Type R 2017 hanya 306 daya kuda dan torsi 295 lb-ft, yang dihasilkan dari mesin turoo 2.0 liter empat silinder.

Menurut Honda ini membuktikan, bahwa dalam kasus model kompak sport seperti ini, bukan tentang berapa banyak daya yang disalurkan ke roda untuk bisa membuatnya melaju kencang.

"Sistem penggerak semua roda sudah menambah bobot mobil, itu akan mengubah karakter mobil. Filosofi balap Honda adalah menghasilkan mobil yang ringan dan seimbang, dengan begitu bisa mendapatkan performa maksimal dari mobil ini tanpa menambah bobot dan biaya," tutup Keough.


(UDA)