Recall Mobil

Sensor Picu Kebakaran, Honda Recall Jutaan Unit Accord

Ekawan Raharja    •    Senin, 17 Jul 2017 08:53 WIB
honda mobil
Sensor Picu Kebakaran, Honda <i>Recall</i> Jutaan Unit Accord
2,1 juta unit Accord harus mengalami recall akibat permasalahan di sensor baterai. Honda

Metrotvnews.com: Honda kembali mengumumkan program recall untuk Accord di seluruh penjuru negara. Tidak tanggung-tanggung, unit yang terkena recall ini mencapai 2,1 juta unit.

Namun program kampanye aftersales ini bukan mengenai airbag Takata. Melainkan permasalahan di sensor baterai yang dapat menyebabkan kebakaran.

Juru bicara Honda, Chris Martin, menerangkan 1,5 juta unit Accord yang terkena recall berada di Amerika Serikat dengan tahun produksi 2013-2016. Sedangkan satu juta unitnya tersebar di berbagai penjuru dunia lainnya, seperti dikutip dari Autoblog.

Kerusakan bisa saja terjadi karena sensor baterai tidak tertutup rapat, dan memungkinkan air masuk. Jika dibiarkan dalam waktu lama bisa saja tercampur garam, dan menyebabkan karat. Efeknya bila dibiarkan bisa memicu arus pendek dan kebakaran.

Program kampanye purna jual ini dilakukan setelah ada empat laporan kebarakan Accord di ruang mesin, empat di Amerika Serikat dan satu di Kanada. Untungnya hingga saat ini belum disebutkan ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

Belum diketahui apakah Accord di Indonesia juga terkena program recall ini. Namun jika ini adalah program recall yang dilakukan secara global, bisa jadi Indonesia termasuk di dalamnya.


(UDA)