Lalu Lintas

Mengenal Fungsi Marka Zona Selamat Sekolah

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 21 Aug 2017 07:23 WIB
lalu lintas
Mengenal Fungsi Marka Zona Selamat Sekolah
Zona Selamat Sekolah pembatasan kecepatan di zona sekolah. Wikipedia

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembatasan kecepatan kendaraan merupakan upaya yang dilakukan untuk menertibkan penggunaan jalan raya. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan lainnya.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah Zona Selamat Sekolah (Zoss) adalah kawasan di sekitar sekolah yang perlu diatur lalu lintasnya. Misalnya kecepatan kendaraan, lokasi parkir hingga hak-hak pejalan kaki.

Rambu dan marka di Zoss umumnya dipasang lampu kuning berkedip dan jalan di depan sekolah diberi warna merah.

Pemasangan rambu dan marka jalan di kawasan Zoss bertujuan membatasi kecepatan kendaraan yang melintas dan mencegah peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Terutama para murid yang masih rentan lengah, terutama jam-jam masuk, istirahat dan pulang sekolah. Apalagi untuk sekolah dasar dan sekolah tingkat menengah. Jadi patuhi zona selamat sekolah, agar tidak terjadi kecelakaan yang mengorbankan anak-anak yang sedang pergi dan pulang sekolah.

Jadi mulai sekarang perhatikan kecepatan dan sesuaikan laju kendaraan Anda, terutama ketika hendak melewati jalan persimpangan atau di tempat yang ramai penyeberang jalan.


(UDA)