Teknologi Otomotif,

Hyundai Kembangkan Airbag Panoramic Sunroof

Ekawan Raharja    •    Rabu, 03 Jan 2018 10:10 WIB
teknologi otomotif
Hyundai Kembangkan Airbag Panoramic Sunroof
Hyundai sedang mengembangkan airbag meski ada panoramic sunroof di atap. Hyundai

Korea Selatan: Hampir seluruh sudut di mobil kini sudah dilengkapi dengan kantung udara atau lebih familiar dikenal airbag. Meski demikian, Hyundai merasa masih kurang dan sedang melakukan riset airbag di bagian langit-langit mobil.

Uniknya airbag yang disematkan ini bisa mengembang meski atap mobil dilengkapi dengan panoramic sunroof. Sehingga penumpang tetap merasa aman meski kecelakaan dengan kondisi mobil terguling.

Pengembangan airbag di bagian langit-langit mobil yang dikembangkan oleh Hyundai dan Hyundai Mobis tidak terlepas dari inovasi dan peningkatan keamanan ketika berkendara. Mengingat fitur panoramic sunroof sudah banyak terpasang di beberapa mobil saat ini.

Selain itu Hyundai Group, termasuk Kia dan Genesis, memiliki enam model mobil yang termasuk ke dalam IIHS Top Safety Pick+. Selain itu grup otomotif asal Korea Selatan ini juga memiliki 11 hak paten untuk teknologi airbag. Mereka merasa airbag memiliki efek yang cukup siginifikan untuk mengurangi angka meninggal saat kecelakaan.

Seperti airbag pada umumnya, airbag ini akan mengembang dan mengempis saat kecelakaan terjadi. Menurut data yang diberikan Autoblog, Kantong udara untuk sunroof ini bakal terbuka dari arah depan dalam waktu 0,08 detik saat kecelakaan.

Belum tahu kapan airbag sunroof bakal disematkan di kendaraan produksi pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Kemungkinan besar akan terpasang pertama kali di Genesis sebagai merek mobil premium Hyundai.




(UDA)