Tips Berkendara

Memahami Fungsi Bahu Jalan Tol Agar Terhindar dari Kecelakaan

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 18 Oct 2016 16:10 WIB
lalu lintas
Memahami Fungsi Bahu Jalan Tol Agar Terhindar dari Kecelakaan
Penggunaan bahu jalan khusus untuk keadaan darurat saja. MTVN/ M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih banyak yang belum memahami dengan baik dan benar fungsi jalur dalam tol. Termasuk tentang penggunaan bahu jalan. Buktinya, masih banyakn kecelakaan yang disebabkan pengemudi melaju dari ruas bahu jalan. Kecelakaan terjadi pengemudi menabrak kendaraan yang mogok atau yang sedang berhenti di bahu jalan.

Agar angka kecelakaan tidak terus bertambah, sebaiknya kita dapat memahami dengan benar fungsi bahu jalan tol itu. Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto menegaskan bahu jalan tol hanya diperuntukkan sebagai tempat berhenti darurat, seperti mogok, pecah ban, ataupun masalah lain yang membuat kendaraan berhenti total.

Penjelasan Iwan merujuk dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 15 tahun 2005. Di PP itu disebutkan bahu jalan hanya boleh dipergunakan pada keadaan darurat dan tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

Saat ini, banyak ditemui pengemudi bus serta kendaraan pribadi menggunakan bahu jalan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Kadang, ada juga yang menggunakan bahu jalan untuk mendahului kendaraan lain. 

Sudah saatnya memahami dan mengetahui fungsi bahu jalan tol. Meninggalkan kebiasaan lama harus segera dilakukan supaya tidak menimbulkan bahaya.


(HIL)