Industri Otomotif

Renault dan Nissan Bakal jadi Satu Merek?

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 02 Apr 2018 14:56 WIB
industri otomotifnissanrenault
Renault dan Nissan Bakal jadi Satu Merek?
Renault-Nissan membantah penggabungan keduanya. Ist

Yokohama: Aliansi Renault dan Nissan semakin kokoh sejak kehadiran Mitsubishi. Namun diluar itu, Renault dan Nissan punya rencana tersendiri, yakni penggabungan dua merek dan memunculkan merek baru.

Dituliskan Bloomberg, hal ini sudah dalam tahap pembicaraan. Namun tak ada detail lebih lanjut yang bisa disampaikan hingga saat ini. Namun salah satu rencananya adalah Nissan membeli 15 persen saham Renault yang saat ini dimiliki pemerintah Prancis.

Meski belum ada keterangan lebih lanjut, banyak yang membayangkan merek apa yang akan dimunculkan keduanya. Kemudian akan ada restrukturisasi besar-besaran di banyak negara yang jadi pasar kedua brand itu.

Merespon kabar yang berkembang, aliansi mengatakan kalau diskusi ini hanyalah spekulasi belaka. Dan pemerintah Prancis menolak melepas 15 persen saham miliknya kepada Nissan.

Mereka bahkan memperkuat bantahan kabar ini dengan mengingatkan kembali rencana aliansinya hingga 2022, yang salah satunya mencapai target penjualan 14 juta unit pada tahun tersebut.

Saat ini aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi sukses menjadi perusahaan otomotif terbesar dalam hal penjualan tahun lalu. Angkanya mencapai 10,6 jutaan unit, melewati Volkswagen 10,53 juta dan Toyota 10,2 juta.


(UDA)