Panduan Warna Mobil

Tren Warna Mobil 2019

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 02 Feb 2019 13:10 WIB
industri otomotif
Tren Warna Mobil 2019
Tren warna mobil 2019 didominasi warna cerah. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Selain mempertimbangkan soal harga, spesifikasi dan tipe, pemilihan warna menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi sebagian konsumen yang ingin membeli mobil. Pemilihan warna juga menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran bisnis, bahkan warna tertentu menjadi favorit dan trend di industri otomotif. 

Hasil riset yang dilakukan General Motors mengungkapkan, tren warna mobil di Asia masih didominasi warna merah, putih, hitam, silver dan abu-abu. Warna-warna ini dianggap bisa mempertahankan harga jualnya kembali di pasaran mobil seken.

Di Tiongkok warna mobil memiliki arti tertentu. Contohnya warna merah yang dianggap melambangkan kebahagiaan dan nilai-nilai positif. Warna putih mencerminkan suatu babak baru dan teknologi pintar, sedangkan warna hitam menunjukkan kekuatan serta kemewahan. 

Bahkan beberapa warna dianggap bisa membawa keberuntungan atau hoki bagi sang pemilik. Berdasarkan kalender Tahun Baru China di 2019, warna terang menyala seperti merah, orange, pink, putih dan emas diyakini dapat memberikan keberuntungan dan memiliki pengaruh besar di sejumlah negara.

Dalam keterangan tertulisnya, Chevrolet Indonesia mengatakan, GM mengaplikasikan warna di mobil-mobilnya berdasarkan masukan dari pengguna dan pemasok, serta analisa tren warna mobil, yang saat ini dinamis dan terus berubah seiring dengan perkembangan zaman.

Tak hanya itu, setiap tahun mereka mengumpulkan para desainer spesialis warna dan striping di General Motors (GM) Design Center, Amerika Utara untuk mendiskusikan warna-warna pilihan yang akan digunakan pada mobil baru mereka.


(UDA)