Industri Otomotif

Pabrikan Mobil Tiongkok, Jiplak Desain GLE dan Evoque

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 23 May 2018 08:45 WIB
industri otomotifreplika mobil
Pabrikan Mobil Tiongkok, Jiplak Desain GLE dan Evoque
Mini Electric Mercedes GLE dan Range Rover Evoque kembali di Jiplak pabrikan mobil Tiongkok. Carscoops

Tiongkok: Industri otomotif Tiongkok lagi-lagi berulah membuat mobil dengan menjiplak model-model yang sudah ada. Terbaru, hal itu dilakukan oleh Dezhou Luxing Vehicle Company yang bermarkas di Dezhou, Tiongkok. 

Mereka membuat mobil listrik SUV kecil yang mirip dengan Mini Electric Mercedes GLE dan Range Rover Evoque. Jika melihat tampilan depannya, sudah pasti akan langsung teringat dengan Mercedes-Benz GLE. Bagian fascia Luxury iStar sangat kental dengan nuansa pabrikan asal Jerman tersebut.
 
Hal ini bisa dilihat dari model grill dan bumper yang disematkan. Bahkan logo Mercedes-Benz pun juga ditiru. Termasuk Range Rover Evoque yang juga terlihat mirip mulai bagian fascia, grill hingga bumper yang disematkan. 

Dengan mencontek habis-habisan Mercedes-Benz GLE bukanlah hal yang mengejutkan. Sebelumnya, industri otomotif Tiongkok sering mencontek desain mobil-mobil yang sudah beredar.

Sebut saja Porsche, BMW, Mercedes-Benz, Lamborghini, hingga Land Rover sudah pernah merasakan karyanya di tiru oleh industri otomotif Tiongkok. Bahkan Porsche dan Land Rover sudah pernah menggugat pabrikan otomotif di Tiongkok yang mencontek desain mereka.

Hingga saat ini gugatan yang dilayangkan oleh Porsche dan Land Rover belum juga rampung. Bahkan presentase untuk memenangkan gugatan juga kecil karena pemerintah Tiongkok sangat melindungi industri otomotif mereka.

Sebagai contoh Honda pernah melakukan gugatan kepada salah satu pabrikan lokal Tiongkok karena meniru desain CR-V. Mereka memerlukan waktu hingga 12 tahun untuk memenangkan gugatan tersebut, dan ganti rugi yang mereka dapatkan hanya 10 persen dari nilai ganti rugi yang diajukan yakni CHY300 juta.


(UDA)