Kecelakaan Lalu Lintas

Mobil Otonom Tesla Tabrak Beton, Penumpang Tewas

Ekawan Raharja    •    Minggu, 01 Apr 2018 13:23 WIB
autonomous
Mobil Otonom Tesla Tabrak Beton, Penumpang Tewas
Tesla model X mengalami kecelakaan ketika mode otonom aktif. Tesla Motors

California: Beberapa waktu lalu mobil otonom milik Uber mengalami kecelakaan pertama yang menelan korban. Tidak berselang lama, kini giliran mobil otonom milik Tesla yang juga mengalami kecelakaan dan merenggut nyawa.

Disebutkan Jumat (30/3) waktu setempat terjadi kecelakaan di jalan bebas hambatan California, Amerika Serikat, yang melibatkan Tesla Model X. Kecelakaan ini membuat pengemudi penguji sekaligus insinyur Apple, Walter Wong, harus menghembuskan nafas terakhirnya.

Dikutip dari Reuters, kecelakaan ini terjadi ketika mobil dalam kondisi otonom menyala. Menjelang terjadinya kecelakaan, fitur otonom menyerahkan sistem kendali kepada pengemudi namun tidak ada respon dari Wong.

"Pengemudi memiliki sekitar lima detik dan jarak 150 meter sebelum menabrak beton pembatas. Namun data dari mobil menunjukan tidak ada aksi yang diambil pengemudi," tulis pernyataan dari Tesla.

Sayangnya Tesla tidak membeberkan alasan kenapa sistem otonom tidak bisa mendeteksi beton pembatas jalan. Akibatnya kecelakaan fatal pun terjadi.

Akibat kecelakaan tersebut, sempat membuat mobil terbakar. Tabrakan ini juga melibatkan dua mobil lainnya dan membuat arus lalu lintas macet beberapa jam. Wong meninggal ketika menuju rumah sakit.

Kecelakaan ini tentu langsung membuat The National Highway Traffic Safety Administration (badan keamanan lalu lintas di Amerika Serikat) melakukan investigasi. Hanya saja hingga saat ini mereka belum memberikan pernyataan mengenai kecelakaan yang melibatkan mobil listrik tersebut.


(UDA)