Tips Knowledge

Trik Menetralkan Transmisi Mobil Matic saat Terparkir

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 28 Jun 2018 17:36 WIB
tips knowledge
Trik Menetralkan Transmisi Mobil Matic saat Terparkir
Menetralkan transmisi mobil matic dengan cara menekan tombol shiftlock. Youtube

Jakarta: Banyak pengendara pemula atau yang biasa menggunakan mobil bertransmisi manual, kebingunan saat memarkir kendaraannya. Terutama saat melakukan parkir pararel karena tuas transmisi yang tak bisa digeser ke posisi netral.

Ketika mesin dinyalakan, tuas transmisi digeser ke posisi Netral dan mesin hendak dimatikan, biasanya kunci tak bisa dicabut, atau mesin tak mau dimatikan jika sistemnya immobilizer atau pintu mobil tak mau dikunci dari luar dan sensor tertentu mengeluarkan suara bahwa ada sistem pengoperasian yang belum terpenuhi syaratnya.

Berdasarkan sistem itu pula, ada perlakuan berbeda ketika Anda ingin parkir secara paralel. Terutama ketika Anda parkir paralel di pusat perbelanjaan atau apartemen yang kerap menghalangi mobil lain.

Agar mobil tetap bisa didorong, Anda harus menetralkan transmisi dengan cara menekan tombol shiftlock. Tentunya langkah itu dilakukan setelah Anda mencabut kunci kontak.

Tombol shiftlock biasanya ada di dekat tuas transmisi. Ada juga shiftlock berupa lubang kunci kontak yang terletak letaknya di depan tuas transmisi. Setelah itu, pindahkan tuas transmisi ke posisi "N". Jika semua langkah itu sudah dilakukan, roda mobil masih bisa berputar.

Menginjak rem juga akan mempermudah perpindahahan gigi transmisi dari posisi lain ke posisi "P". "Selama dalam proses melakukan hal tersebut, pedal rem harus dalam posisi ditekan. Agar kondisi mobil tetap stabil," jelas Instruktur Rifat Drive Labs, Hasnul Arifin, saat berbincang dengan Metdcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, petugas parkir masih bisa mendorong mobil Anda agar tidak lagi menghalangi kendaraan yang hendak keluar dari lot parkir. 


(UDA)