Tips Knowledge

Mengenal Fungsi Headrest Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 24 Jul 2018 11:08 WIB
tips knowledge
Mengenal Fungsi Headrest Mobil
Fungsi headrest sebagai fitur keselamatan di mobil. Car Seat Headrest

Jakarta: Tahukah Anda headrest yang menempel di jok mobil tidak hanya berfungsi sebagai sandaran kepala saja. Melainkan sebagai pelindung kepala saat terjadi tabrakan yang mengakibatkan benturan keras.

Fungsi utama headrest untuk melindungi kepala dari benturan yang bisa mematahkan tulang leher. Ketika terjadi benturan keras, kepala akan terayun ke depan lalu kembali ke belakang. 

Bila benturannya sangat besar, maka gaya kembali ke belakang ini dapat mengakibatkan tulang leher patah. Tugas headrest adalah meminimalkan kemungkinan buruk itu.

“Saat mobil ditabrak dari belakang maka headrest akan menahan kepala Anda agar tidak terhempas ke belakang, dan melindungi terkena benda yang terlempar dari arah belakang”, terang Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sedangkan fungsi lainnya yakni sebagai pemecah kaca, digunakan untuk penyelamatan diri saat terkunci di dalam mobil atau keadaan darurat. Headrest didesain bisa dicopot dan terdapat besin tajam yang berfungsi sebagai pemecah kaca sekiranya terjadi kebakaran atau keadaan darurat.

“Untuk melepaskan headrest biasanya dengan tombol pengatur yang terdapat pada lubang tempat memasang, dan bisa diatur posisi tinggi rendahnya”, tambahnya.

Perkembangan industri otomotif saat ini semakin maju dan modern, fitur keselamatan kini menjadi hal yang penting dibandingkan penampilan fisik mobil, termasuk fitur headrest pada jok penumpang baris kedua maupun ketiga.


(UDA)