Bahan Bakar Minyak

Pertamina Perluas Jaringan Pemasaran Pertamax Turbo di Bali

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 19 Nov 2016 12:00 WIB
Pertamina Perluas Jaringan Pemasaran Pertamax Turbo di Bali
Pertamax Turbo bakal pengganti Pertamax Plus. Pertamina

Metrotvnews.com, Denpasar: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V menambah alokasi penjualan Pertamax Turbo, di Bali, Jumat 18 November. Perluasan pemasaran Bahan Bakar Minyak (BBM) varian baru ini untuk menggantikan Pertamax Plus secara bertahap.

"Semoga varian baru Pertamax Turbo dapat memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat dan sejalan dengan perkembangan teknologi kendaraan bermotor," harap General Manager Pertamina MOR V, Ageng Giriyono, Jumat (18/11/2016).

"Uji pasar di Bali dilakukan setelah melihat respons positif konsumen dari hasil uji pasar di Jawa Timur<' tambahnya.

Angka rata-rata penjualan Pertamax Turbo di Bali mencapai 133 kiloliter perhari. Jumlah ini diklaim lebih tinggi 36 persen dibanding angka rata-rata penjualan harian Pertamax Plus, di Jawa Timur.

"Pertamax Turbo memiliki level Research Octane Number (RON) 98. Pertamax Turbo memiliki pembakaran lebih baik dibanding Pertamax Plus yang memiliki RON 88. Terutama di mesin kendaraan dengan teknologi baru," yakin Ageng.

"Ada beberapa kelebihan di Pertamax Turbo. Di antaranya dapat meningkatkan performa mesin dan memiliki emisi gas buang lebih rendah. Serta cocok digunakan untuk kendaraan berteknologi tinggi dengan turbo injection."

"Misalnya, mobil Lamborgini atau kendaraan bermesin bensin dengan teknologi (supercharger/turbocharger) dan skyactiv, maupun kendaraan dengan kompresi rasio mulai 11:1," ujar Ageng.

Menurut Area Manager Communication & Relation Pertamina Jatim Balinus, Heppy Wulansari, jumlah outlet Pertamax Turbo di wilayah MOR V kini sudah mencapai 102 SPBU di 11 kota dan kabupaten di wilayah Jawa Timur dan Bali.

Pertamax Turbo dijual dengan harga Rp8.800 per liter di Bali. Di sana, ada dua SPBU yang menyediakan Pertamax Turbo, yaitu SPBU 54.803.29 Nusa Dua, Badung dan SPBU 54.80.106 Sanur, Denpasar. Nantinya, Pertamina menargetkan mengganti outlet Pertamax Plus dengan Pertamax Turbo di enam SPBU di Bali. 
 
(HIL)