Tips Mobil

Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 18 Nov 2016 10:02 WIB
tips mobil
Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan
Penting menjaga kebersihan mobil di waktu hujan. Douglasvolkwagens

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilik mobil harus lebih sering mencuci kendaraan saat intensitas hujan meningkat. Selain tampilan terlihat bersih, mencuci mobil setelah hujan juga salah satu bagian dari perawatan.

Sebisa mungkin mencuci mobil seminggu pekan sekali. Atau bawa kendaraan Anda minimal sekali dalam sebulan ke tempat pencucian mobil.

Intentistas mencuci mobil harus tepat. Terlalu sering akan membuat body dan mesin jadi lembap. "Sedangkan jika terlalu jarang, mobil akan timbul karat dan jamur,"  saran Fahmi, pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur.
 
"Air hujan dan kotoran yang menempel di rongga sasis dan komponen-komponen suspensi bisa mengakibatkan oksidasi di besi. Nantinya menimbulkan karat.  Sedangkan jamur yang timbul oleh butir air hujan di body mobil akan membuat cat terlihat kusam," tambahnya.
 
Pencucian menggunakan lift hidrolis dapat menjadi solusi untuk membasmi permasalahan musiman tersebut. Tapi tetap ada batasannya. Pasalnya jika terlalu sering dapat membuat komponen suspensi mobil melemah.

Menurut Fahmi, pada saat mobil diangkat sistem suspensi dan kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring & balancing dapat berubah. Mencuci mobil menggunakan lift hidrolis disarankan maksimal dua kali dalam sebulan.
 
"Luangkan waktu untuk sekadar membasahi dan mengelap mobil 15 menit setelah kehujanan. Pilih shampo yang busanya tidak terlalu banyak. Sebab busa yang banyak justru berdampak buruk untuk warna cat mobil Anda," ujar Fahmi.
 
Gunakan shampo mobil jika mobil Anda benar-benar kotor. Tips terakhir, rajin memeriksa kebersihan engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, dan tepi kap mesin. Pasalnya di bagian ini air hujan atau bekas cucian sering tertinggal. Untuk sehari-hari, Anda cukup mengelap bodi kendaraan yang basah agar tidak lembab.


(HIL)