Mobil Listrik

Tim Mahasiwa UPI Berguru ke Markas Ferrari

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 29 Nov 2016 17:25 WIB
mobil listrik
Tim Mahasiwa UPI Berguru ke Markas Ferrari
Mobil baterai elektrik Tim Bumi Siliwangi. Shell

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, bakal bertolak ke markas Ferrari di kota Maranello, Italia, 4-9 Desember 2016. Tim yang beranggotakan 10 orang ini akan membawa mobil baterai elektrik buatannya dalam kunjungan tersebut.

Kunjungan Tim Bumi Siliwangi ke markas Ferrari merupakan hadiah kemenangan di ajang balap mobil hemat energi Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship (SEM DWC) di London, Inggris, Juli lalu.

Selama di Italia, mereka akan melihat proses pembuatan mobil balap Ferrari F1 oleh Tim Scuderia Ferrari F1 Team. Mereka juga akan berkunjung ke Red Campus yang merupakan workshop teknik, pemasaran, dan pengembangan tim di Museo Ferrari (Museum Ferrari).


Selain itu, tim ini juga berkesempatan menguji mobil baterai elektrik terbaru mereka di Fiorano Circuit milik Ferarri.  "Mereka telah menunjukkan kemampuan dalam memberikan alternatif solusi energi masa depan. Saya senang dan turut bangga," tulis pernyataan resmi Presiden Direktur PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi.
 
"Semuanya berharap dapat sesuatu yang bermanfaat untuk rancangan mobil kami selanjutnya," tambah Tim Manager Bumi Siliwangi, Amin Sobirin.

Mereka telah mempersiapkan sebuah mobil baru untuk dibawa ke Italia. Mobil yang diberi nama Turangga Cheta Ev4 merupakan mobil generasi baru buatan Tim Bumi Siliwangi. Mobil ini memiliki desain rangka dan body yang berbeda dengan mobil generasi sebelumnya.

Bobot Turangga Cheta Ev4 hanya 80 kilogram, lebih ringan dari Turangga Cheta Ev3 yang 100 Kg. Pengurangan bobot ini didapat dari penggunaan body dari material full composite. “Dengan body yang lebih ringan kami berharap mobil ini mampu menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan mobil generasi sebelumnya yang mencapai jarak 78 km/kWh,” ujar Amin.

Sebelum dibawa ke Maranello, Italia, Turangga Cheta Ev4 telah diuji coba di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016. Uji coba itu diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Yogyakarta, awal November lalu.
 


(HIL)