Mobil Baru

Wuling Siap 'Berperang' di Segmen Mobil Niaga

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 07 Nov 2018 14:05 WIB
mobil baru
Wuling Siap 'Berperang' di Segmen Mobil Niaga
Wuling Motors kenalkan mobil niaga blind van Formo. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Selain kendaraan penumpang, segmen kendaraan niaga ringan seperti pick-up, minibus maupun blind van masih sangat menarik bagi APM roda empat. Menjamurnya usaha UKM, serta kebutuhan akan kendaraan niaga ringan membuat segmen ini masih menggiurkan untuk terus digenjot.

Segmen yang pemainnya tergolong kecil ini pun dilirik oleh Wuling, yang baru saja memperkenalkan Blind Van, Formo. APM otomotif nasional yang bermain di segmen mobil niaga sangat patut mewaspadai kehadiran manufaktur otomotif asal Tiongkok itu. 

Yang menarik adalah, dalam memasarkan Formo, Wuling punya strategi berbeda. Meski secara visual tampang Formo terlihat mirip dengan Confero, namun mesin yang diusungnya berbeda.

Seperti diketahui, Confero tersedia dalam varian mesin 1.500 cc. Sedangkan Formo mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc dengan konfigurasi empat silinder. Tenaga mesin yang menganut penggerak belakang alias RWD ini mencapai 77,5 daya kuda, dan torsinya mencapai 110 Nm.

Dikatakan, Formo dibangun berdasarkan platform yang sama dengan Confero. Secara total dimensi Formo memiliki panjang panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.730 mm. Jarak sumbunya 2.720 mm, dengan roda depan memiliki jarak pijak 1.430 mm dan jarak pijak roda belakang 1.450 mm.

Dipasaran, Wuling Formo bakal menjadi penantang dari Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV yang sudah terlebih dulu mengisi segmen niaga di Indonesia.

"Hari ini Wuling meluncurkan produk baru, Formo. Mobil ini merupakan kendaraan niaga baru di Indonesia. Formo diproduksi di pabrik yang sama dengan Confero dan Cortez. Mobil niaga tersebut akan dijual dengan harga mulai dari Rp135,8 juta on the road Jakarta," pungkas Vice President VSSM, Wuling Motors, Cindy Cai saat peluncuran mobil di Jakarta, 7 November 2018.


(UDA)