Penjualan Mobil

SUV 'Selamatkan' Industri Otomotif Dunia

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 16 Sep 2016 08:50 WIB
penjualan mobil
SUV 'Selamatkan' Industri Otomotif Dunia
Small SUV dan compact crossover daya tarik otomotif saat ini. Business Insider

Metrotvnews.com: Pelemahan kondisi ekonomi sempat menganggu industri otomotif secara global. Namun justru industri otomotif dunia tertolong dengan penjualan mobil SUV yang justru melonjak. Kondisi ini juga terjadi di pasar otomotif nasional.

Eddie Alterman dari Car & Driver mengatakan, berterimakasih terhadap penjualan SUV, khususnya Small SUV yang menolong industri kala penjualan sedan merosot. Secara global, mobil sedan yang disebut mobil penumpang, sedang merosot tajam. Beda dengan Indonesia yang justru menganggap sedan adalah mobil mewah.

Salah satu aspek yang membuat segmen SUV bergairah adalah desain yang semakin apik. "Aspek tersebut mampu memberikan desainer keleluasaan untuk bereksperimen," paparnya seperti dituliskan Business Insider.

Eddie mencontohkan, untuk Small SUV ada Jeep Renegade dan Honda HR-V. "Keduanya punya gaya berbeda yang mengekspresikan masing-masing. Segmen sama tapi konsumen yang dituju berbeda antar keduanya," lanjutnya.

Sedan menurutnya mulai menjenuhkan, pertarungan sengit justru membuatnya monoton. Fitur interior yang sama, performa yang tak jauh berbeda, kapasitas bagasi yang tak berbeda jauh jadi sebabnya.

Ini jadi keuntungan tersendiri, dulu tempat untuk pamer desain adalah lewat mobil sport atau supercar. Kini bisa lewat SUV, contohnya adalah Jaguar F-Pace, yang terbilang cantik untuk ukuran sebuah SUV.


(UDA)