Mobil Konsep

Hyundai Riset Mobil Balap Konsep RN30 dari i30

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 12 Oct 2016 08:35 WIB
hyundai
Hyundai Riset Mobil Balap Konsep RN30 dari i30
Hyundai RN30 Concept. Superstreet

Metrotvnews.com: Sukses dengan mobil balap reli Hyundai i20 yang cukup memukau, kini pabrikan asal Korea itu kembali merilis mobil konsep balap RN30 di pameran otomotif Paris Auto Show 2016. Namun berbeda dengan versi i20, kali ini serinya berbasis dari i30.

Hyundai mengatakan, dari awal RN30 memang dirancang khusus sebagai mobil konsep balap. Kesan itu nampak terlihat pada tampilan bodi mobil yang lebih rendah, dan penambahan fender flare dan splitter besar di bagian depan.

Hyundai RN30 didukung mesin 2,0 liter turbo four, diklaim mampu menghasilkan tenaga 375 daya kuda dan torsi 333 lb ft. Dijelaskan, bahwa penggunaan turbo yang lebih besar di mobil ini untuk meningkatkan power.

Untuk urusan percepatan, Hyundai memasang wet type dual clutch transmission yang mentransfer daya ke keempat rodanya, melalui sistem all wheel drive.

Selain mesin, Hyundai ingin mobil balapnya punya suara yang khas dan nyaring. Pemasangan sistem exhaust variabel elektronic pun diklaim dapat meningkatkan volume suara mobil balap yang dipancarkan dari tailpipes.

Penggunaan electronic limited slip differential dan lightweight plastic parts yang didesain oleh BASF, dipilih karena ringan dan tahan lama, serta lebih ramah lingkungan dibandingkan serat karbon. Termasuk menurunkan pusat gravitasi RN30 dengan memindahkan komponen terberat ke posisi terendah.

RN30 juga mendapat paket gimbal mounted cameras, terpasang pada setiap pilar A, serta rig image stabilitation yang memungkinkan pengemudi untuk mengambil foto narsis dinamis di trek.

Meski i30N tidak terlihat radikal seperti RN30, namun beberapa elemen styling konsep ini, dan mungkin beberapa komponen drive train-nya akan muncul di model berikutnya. i30N ini akan tersedia di Eropa dan pasar lain di luar Amerika tahun depan, sementara pasar model RN belum terungkap.


(UDA)