BMW Stop Produksi Z4

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 29 Aug 2016 11:20 WIB
bmw
BMW Stop Produksi Z4
BMW hentikan produksi Z4 dan bakal mengganti dengan Z5. Autoevoluiton

Metrotvnews.com: Walau tidak pernah tampil dalam film James Bond seperti pendahulunya, namun BMW Z4 punya peruntungan yang sama dengan Z3, laris manis. Baik di jalan raya atau lintasan balap, roadster ini dapat diandalkan.

Namun setelah 14 tahun malang melintang, tampilan Z4 terlihat usang. Produksi Z4 di Regensburg, Jerman, harus dihentikan. Jalur produksi akan didedikasikan untuk Z5. Model baru agar roadster ini mampu bersaing dengan Audi TTS, pesaing terdekatnya.

Bimmertoday melaporkan, Sabtu (27/8/2016), BMW memberi pilihan lebih banyak untuk Z5. Bila Z4 sDrive35is hanya mengaplikasikan mesin turbo 3.0 liter, maka Z5 bakal memiliki varian mesin turbo 2.0 liter dan 3.0 liter dengan tipe mesin single-turbo N55.

Ciri khasnya sebagai roadster convertible tetap dipertahankan. Namun ada kemungkinan ada pilihan atap lipat yang terbuat dari bahan logam bakal digantikan menggunakan bahan kanvas, seperti Z3 sang perintis.

Menurut BMW, perubahan ini dilakukan untuk memenuhi semua keinginan konsumen, dengan menghadirkan produk-produk barunya seperti i3 dan i8. BMW berharap bisa menjual unitnya lebih banyak, seperti yang dilakukan Audi TT.

Memang banyak yang menyayangkan, Z4 takkan ada generasi pelanjutnya. Mengingat varian ini adalah salah satu yang legendaris di jajaran mobil unik milik BMW. Apalagi di beberapa ajang balap dunia, Z4 menjadi andalan banyak tim balap dunia. Semoga Z5 nanti, bisa merefleksikan ekspektasi dari suksesornya nanti.
 


(UDA)