Teknologi Otomotif

Renault-Nissan-Mercedes Punya Mesin Baru 1.300 cc Turbo

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 08 Dec 2017 08:14 WIB
industri otomotif
Renault-Nissan-Mercedes Punya Mesin Baru 1.300 cc Turbo
Setelah Renault, Nissan dan Mercedes akan menyusul pakai mesin ini. Renault

Boulogne-Billancourt: Pabrikan mobil asal Prancis, Renault resmi mengenalkan jantung pacu terbarunya. Mesin ini punya kapasitas mesin 1.300 cc namun dengan sokongan turbocharged.

Mesin bensin dengan injeksi langsung ini tersedia dengan tiga pilihan tenaga maksimum. Tidak sendirian, namun Renault mengembangkan mesin ini bersama Nissan dan Mercedes.

Renault Scenic dan Grand Scenic akan jadi model pertama dengan mesin ini, dan dikenalkan tahun depan. Nantinya akan menyusul model lain, termasuk dari Nissan dan Mercedes.

Ada tiga tingkat pilihan tenaga, TCe 115, TCe 140 dan TCe 160. Setiap angka dibelakang kode mesin, mewakili jumlah daya kuda yang mampu dihasilkan.

Mesin ini dibuat dengan teknologi tinggi, seperti Bore Spray Coating yang digunakan untuk mesin Nissan GT-R, untuk mereduksi gesekan. Renault mengklaim mesin ini mampu berikan torsi besar pada putaran rendah hingga tinggi.

Dari tiga pilihan tingkat tenaga mesin tadi, Renault akan menyuguhkan dalam lima varian mesin berdasarkan jenis transmisi, TCe 115 6-speed manual, TCe 140 6-speed manual, TCe 140 EDC 7-speed otomatis, TCe 160 6-speed manual dan TCe 160 EDC 7-speed otomatis.


(UDA)