Industri Otomotif

Land Rover Peringatkan Tiongkok, Tak Jiplak Desain

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 19 Oct 2017 08:13 WIB
land rover
Land Rover Peringatkan Tiongkok, Tak Jiplak Desain
Land Rover gugat perusahaan Tiongkoh karena dituduh menjiplak desain mobilnya. Carscoops

Metrotvnews.com: Meski bukan yang pertama kali menuai kontroversi, namun pabrikan otomotif asal Tiongkok masih terus menjiplak desain mobil-mobil mewah yang laris di pasaran. Kali ini protes datang dari Land Rover, yang menganggap desain Range Rover Evoque telah dijiplak.

Berbicara kepada Autocar, Bos Desain Land Rover, Gerry McGovern mengatakan, pihaknya khawatir modelnya ditiru dan terpaksa mengevaluasi kembali desain untuk membuat mobil konsepnya yang akan datang.

"Kami cemas memamerkan mobil konsep pratinjau selama beberapa tahun ke depan, karena konsep tersebut bisa disalin begitu saja," kata McGovern, seperti dilansir Carscoops, Kamis (19/10/2017).

Dikatakan, jika pabrikan mobil Inggris itu mempunyai hubungan yang tidak harmonis dengan pabrikan mobil Tiongkok. Terlebih setelah Land Rover menggugat Landwind untuk model crossover X7, yang secara terang-terangan dinilai meniru model Evoque.

The Landwind X7

Kejadian ini pun menimbulkan spekulasi terkait tidak ada versi konsep Range Rover Velar yang diproduksi lagi, termasuk kemungkinan tidak ada konsep kedua Defender generasi berikutnya.

Sayangnya, belum ada aturan yang jelas tentang pelanggaran hak cipta internasional, yang membatasi secara langsung siapa pun mengadopsi desain lintas negara. Tapi dikatakan, ada persetujuan internasional seperti Berne Convention untuk melindungi karya seni dan sastra.

Meski begitu, hal ini memerlukan kesadaran setiap negara tentang hukum properti dan intelektual negara lain. Hak cipta sangat beragam untuk setiap negara, sementara itu tetap berbeda prinsipnya tetap sama.


(UDA)